WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis Untuk Analisis Kualitas E-Learning ELERA

Untung Subagyo, Herdiesel Santoso, Setiyani Nur Khasanah

Abstract


E-learning merupakan platform pembelajaran elektronik yang menjadikan mahasiswa ataupun peserta didik dapat belajar secara daring tanpa dibatasi tempat dan waktu. Mahasiswa STMIK El Rahma Yogyakarta telah memanfaatkan e-learning (ELERA) untuk melihat dan mengunduh tugas yang diberikan oleh dosen, baik sebelum, terlebih pada saat pandemi Covid-19. Begitu juga, pada saat pandemi berakhir, e-learning masih digunakan untuk membantu proses pembelajaran dari beberapa mata kuliah. Selama penggunaan dari ELERA, belum diketahui apakah sudah memenuhi kebutuhan pengguna, dan seberapa tingkat kepuasan dari pengguna terhadap ELERA. Studi ini dilakukan karena kualitas website perguruan tinggi sangat penting untuk manajemen informasi. Penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). Metode ini dipilih karena merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat kualitas dari website. Selama 3 minggu masa pengumpulan data, 106 responden yang menjadi sampel dikumpulkan. Studi ini menggunakan indikator WebQual 4.0, yang terdiri dari 22 pertanyaan dan dibagi menjadi 3 dimensi berdasarkan variabel WebQual 4.0. Analisis instrumen dilakukan menggunakan program IBM SPSS 24. Hasilnya, setiap variabel dalam model tersebut terbukti mempengaruhi tingkat kepuasan dari pengguna. Kualitas Layanan, Interaksi dan Kualitas Informasi, dan Usability adalah variabel dengan nilai tertinggi dalam menentukan kepuasan pengguna web e-learning. Semua variabel ini harus ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna.


Full Text:

PDF

References


N. Achmad, H. Hafizah, D. Hartanti, and H. Prayitno, “Pelatihan Pembuatan Website Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Bagi Siswa Di SMK Galajuara Bekasi,” J. Comput. Sci. Contrib., vol. 1, no. 2, pp. 111–118, 2021, doi: 10.31599/jucosco.v1i2.592.

W. Kurniawan, M. Affandes, N. Safaat H, and T. Darmizal, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Servqual,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 2, p. 493, 2022, doi: 10.35889/jutisi.v11i2.890.

A. Rachmawati and E. F. Rusydiyah, “Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Pendidik. Islam Indones., vol. 5, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.35316/jpii.v5i1.223.

B. Yusuf, F. Insani, M. Affandes, N. Yanto, and T. Darmizal, “Analisis Tingkat Kualitas E-learning menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 108–114, 2023, doi: 10.29408/edumatic.v7i1.14059.

R. K. Azmi, E. Krisnanik, and A. O. Indarso, “… Kualitas Website E-learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance …,” Senamika, no. April, pp. 353–362, 2021, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1374

F. Rohman and D. Kurniawan, “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BADAN NASIONALPENANGGULANGAN BENCANA MENGGUNAKAN,” vol. 3, no. 1, pp. 31–38, 2017.

R. W. Kosaman, I. H. Sumitro, and R. Sulistyowati, “Penggunaan Metode Webqual 4.0 Untuk Penilaian Kualitas Situs Webeli.Com Dalam Upaya Pengembangan Situs,” Sigma-Mu, vol. 10, no. 2, pp. 1–16, 2018, doi: 10.35313/sigmamu.v10i2.1225.

I. Purwandani and N. O. Syamsiah, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 9, no. 3, p. 300, 2021, doi: 10.26418/justin.v9i3.47129.

S. Sa`uda and N. Sopiah, “Penerapan Metode Webqual Dalam Pengukuran Kualitas Layanan Website Perguruan Tinggi,” Pros. SNaPP 2014 Sains, Teknol. dan Kesehat., no. 4, pp. 419–426, 2014.

H. B. Kusuma, Suprapto, and H. M. Az-Zahra, “Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, pp. 2344–2353, 2019.

A. A. Ihsan, U. Hidayati, and M. Mardinawati, “Analisis Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis,” Keunis, vol. 10, no. 2, p. 29, 2022, doi: 10.32497/keunis.v10i2.3519.

S. Susanto and E. Simanjuntak, “Intensi Social Loafing pada Tugas Kelompok Ditinjau dari Adversity Quotient pada Mahasiswa,” J. Exprientia , vol. 3, no. 1, pp. 33–45, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v10i2.28402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.