ANALISIS USABILITY SISTEM INFORMASI E-OFFICE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) PADA DISNAKERTRANS PROVINSI RIAU

Medyan Tiwi Rahmawita, Yussy Wardany

Abstract


Berdasarkan Peraturan Gubernur Riau nomor 56 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan aplikasi perkantoran secara elektronik (e-office) dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, dalam rangka menunjang pengembangan dan pelaksanaan e-Government yaitu dengan penerapan e-office di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau salah satunya yaitu di Disnakertrans Provinsi Riau. Selama penerapan e-office di Disnakertrans Provinsi Riau tedapat beberapa kendala seperti user atau pegawai kesulitan ketika mengoperasikan e-office, sehingga untuk pengurusan surat menyurat yang seharusnya bisa dilakukan melalui e-office belum bisa terealisasikan sebagaimana mestinya. Juga beberapa kendala dari sistem itu sendiri seperti pada menu e-cuti yang belum digunakan karena tidak sinkronnya penghitungan data cuti dari tahun-tahun sebelumnya, tampilan dan settingan pada menu e-surat yang sulit dipahami dibagian pengaturan tulisan dan juga kop surat yang tidak ditampilkan sehingga tidak bisa diketahui dan tidak terlihat jika ada kesalahan pada kop surat. Sehingga hal ini menyebabkan pengguna sistem informasi e-office mengalami kendala-kendala yang berhubungan dengan tidak berjalannya fungsi e-office dengan baik. Maka dari itu untuk mengetahui bahwa sistem tersebut usable, dilakukan usability testing dengan metode System Usability Scale (SUS) menggunakan 10 pertanyaan Brooke (1996), sehingga didapatkan pengukuran acceptability ranges yaitu 65,3 (Marginal High) atau penerimaan e-office telah masuk ke dalam kategori tinggi, serta penilaian pengukuran grade scale e-office tergolong bagian D dengan rating OK dan nilai pengukuran percentile rank termasuk huruf D artinya kurang sesuai dengan penilaian pengguna dari menggunakan e-office.

Kata Kunci: E-government, E-office, System Usability Scale, Usability

Full Text:

PDF

References


Ngafifi, M. (2014). Advances in technology and patterns of human life in sociocultural perspective. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47.

Mulyani, A., dan Kurniadi, D. (2015). Analisis penerimaan teknologi student information terminal (s-it) dengan menggunakan technology acceptance model (tam). Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).

Mulyono, T. (2018). Sistem informasi e-office sebagai pendukung program paper- less korespondensi perkantoran (studi kasus: Bagian administrasi akademik akademi komunitas semen indonesia gresik). JURNAL TECNOSCIENZA, 2(2), 107–122.

Setiawan, D., dan Rafianto, N. (2020). Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 10(1), 23–31.

Ramadhan, D. W. (2019). Pengujian usability website time excelindo menggunakan system usability scale (sus)(studi kasus: website time excelindo). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 139–147

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 6(1)

Brooke, J. (1996). Sus: a “quick and dirty’usability. Usability evaluation in industry, 189(3).

Brooke, J. (2013). Sus: a retrospective. Journal of usability studies, 8(2), 29–40




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.19141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.