ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE EUCS DALAM PENGGUNAAN SIASY FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

Medyan Tiwi Rahmawita, Riswandi Riswandi, Idria Maita, Zarnelly Zarnelly

Abstract


Siasy merupakan salah satu website yang digunakan untuk pengurusan surat menyurat dengan media online. Pada website tersebut mahasiswa dapat melakukan pengurusan surat dengan tanpa harus datang kekampus. Dalam pengoperasiannya, ada sejumlah permasalahan dirasakan oleh mahasiswa yang menarik minat peneliti untuk mengadakan penelitian tentang kepuasan mahasiswa terhadap siasy. Penelitian ini dilaksanakan pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau yang tujuannya untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan model EUCS. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan dan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin responden penelitian ini banyak 99 mahasiswa. Analisis proses data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh yakni Content (CON), Ease Of Use (EAS) dan Timeliness (TIM) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna sedangkan Accuracy (ACC), Format (FOR) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Kata Kunci: End-User Computing Satisfaction, PLS-SEM, Siasy

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

W. Wardiana, “Perkembangan Teknologi Informasi di IndonesiaBondy, Brigitta Klages, Ute Müller-Spahn, Franz Hock, Christoph,” Eur. Arch. Psychiatry Clin. Neurosci., vol. 243, no. 5, pp. 224–228, 2002, doi: 10.1007/BF02191578.

H. T. Sitohang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant. Vol. 3 No 1 Maret 2018 e-ISSN 2541-3724, vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2018.

G. Farell, H. K. Saputra, and I. Novid, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Surat Menyurat (Studi Kasus Fakultas Teknik Unp),” J. Teknol. Inf. dan Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 56–62, 2018.

Wijaya and Suwastika, “Analisis Kepuasan Pengguna Elearning Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction,” Konf. Nas. Sist. Inform. 2017, pp. 558–562, 2017.

F. Arifin and T. Herman, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa,” J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, pp. 1–12, 2018.

K. Ramani, “A management information

system to plan and monitor the delivery of health‐care services in government hospitals in India,” J. Health Organ. Manag., vol. 18, no. 3, pp. 207–220, Jan. 2004, doi: 10.1108/14777260410548446.

ROSALINA, “Pengujian Kepuasan Sistem Informasi Menggunakan END-USER COMPUTING SATISFACTION STUDI KASUS : SISTEM INFORMASI AKADEMIK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA,” Вестник Росздравнадзора, vol. 6, pp. 5–9, 2017.

N. Dalimunthe and C. Ismiati, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) DENGAN METODE EUCS ( Studi Kasus : Perpustakaan UIN SUSKA Riau ),”

J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Infor, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2016.

N. Rachmat Agusli, Lilis Sakuroh, “Perancangan Sistem Informasi Kesehatan (Puskesmas Keliling) Berbasis Web,” Sisfotek Glob., vol. 6, no. 9, p. 48, 2016.

B. Luankali, “Analisis kebijakan publik dalam proses pengambilan keputusan,” Anal. Kebijak. publik dalam proses pengambilan keputusan, 2007.

R. Mcleod and S. George, “Management Information System, 10th,” New Jersey Inc,. Up. Saddle River, 2007.

G. Armstrong, P. Kotler, and G. Da Silva, Marketing: An Introduction: An Asian Perspective. Pearson/Prentice Hall, 2006.

Suryani, “Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi.” pp. 1–326, 2015.

S. Yamin and H. Kurniawan, “Generasi baru mengolah data penelitian dengan partial least square path modeling,” Jakarta: Salemba Infotek, 2011.

A. Monecke and F. Leisch, “SemPLS: Structural equation modeling using partial least squares,” J. Stat. Softw., vol. 48, 2012, doi: 10.18637/jss.v048.i03.

I. Ghozali and H. Latan, “Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris,” BP Undip. Semarang, 2015.

M. B. Suryawan and P. Prihandoko, “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM dan EUCS,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 3, p. 233, 2018, doi: 10.24076/citec.2017v4i3.113.

A. H. Witno Vita Sari, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan E-Office BAK di portal.unp.ac.id Menggunakan EUCS (End User Computing Satisfation),” J. Vocat. Tek. Elektron. dan Inform., vol. 9, no. 2, 2021.

H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking,” Jtsi, vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.18487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.