Perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP) untuk Merencanakan Manajemen Anggaran Asrama Upi Kampus Serang

Fayzah Aprilia, Sherly Rosmaida, Syahrana Pinem

Abstract


Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah di Serang merupakan salah satu Kampus Daerah UPI yang diselenggarakan di bawah universitas secara organisasi oleh pimpinan seorang direktur kampus daerah oleh seorang direktur kampus daerah. Mengelola anggaran dan pengeluaran Asrama UPI Kampus di Serang adalah proses bisnis yang sangat penting yang dapat digunakan untuk masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan anggaran dan pengelolaan belanja yang terintegrasi untuk Asrama UPI Kampus di Serang. Enterprise Architecture Planning (EAP) adalah metodologi untuk membuat arsitektur enterprise perencanaan yang digunakan arsitektur untuk mendukung tercapainya tujuan yang telah kami buat. Hasil dari metodologi EAP adalah blueprint atau format model manajemen anggaran, manajemen sumber daya manusia sebagai Primary Activities. Manajemen aset, absensi, dan manajemen pengawasan sebagai Support Activities.


Full Text:

PDF

References


"Sistem Informasi Kelautan.," 2020. [Online]. Available: http://sik.kd-serang.upi.edu/. [Accessed 22 May 2022].

"Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Serang," 2020. [Online]. [Accessed 22 May 2022].

R. Supardi, "Pengembangan Model Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan EAP Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Dehasen Bengkulu)," Jurnal Media Infotama, vol. 12, no. 1, pp. 70-78, 2016.

A. W. Nugroho, S. Setiyowati and A. Kusumaningrum, "Metode Enterprise Architecture Planning Untuk Merencanakan Sistem Informasi Manajemen Anggaran Perguruan Tinggi Swasta," Jurnal Ilmiah SINUS, vol. 18, no. 2, pp. 43-54, 2020.

R. R. Rerung, "Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Dinas Pariwisata Menggunakan Model EAP," Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer., vol. 8, no. 1, pp. 327-338, 2017.

N. S. Sasue and A. Wijaya F, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP) Framework," Bina Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 79-87, 2020.

N. Ambarsari and N. Setyoutami, "Perancangan Blueprint Sistem Informasi Menggunakan Metodologi Enterprise Architecture Planning (EAP) Pada SMAN 3 Surakarta," Rekayasa Sistem dan industri, vol. 1, no. 1, pp. 141-143, 2014.

Marini and Sarwindah, "Model Arsitektur Enterprise menggunakan Enterprise Architecture Planning (EAP)," Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 92-97, 2019.

A. Yudhana and e. al, "Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Enterprise Architecture Planning (Studi Kasus Pada Kecamatan di Kota Samarinda)," Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 114-123, 2018.

D. Tamala and S. Assegaff, "Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Enterprise Architecture Planning (EAP) Pada Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Sarolangun," Manajemen Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 1-13, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.17735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.