PENERAPAN CUSTOMER ACQUISITION DALAM PERTUMBUHAN BISNIS PADA DAPOER SUPER SAMBAL PADANG

Wahyudi Wahyudi, Sutoyo Sutoyo

Abstract


             Bisnis merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang memberikan keuntungan pada individu maupun kelompok. Salah satu bagian penting dalam bisnis adalah customer atau pelanggan. Dalam berbisnis, diperlukan strategi untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menambah pelanggan baru sebanyak-banyaknya. Customer acquisition adalah proses untuk mendatangkan customer atau klien baru ke bisnis suatu organisasi. Untuk melakukan hal ini harus diciptakan strategi acquisition yang sistematis dan berkelanjutan dapat berdaptasi mengikuti tren perubahan. Dapoer Super Sambal atau Dapoer SS merupakan salah satu usaha bisnis yang bergerak pada bidang kuliner. Dapoer SS merupakan usaha yang bisa dikatan baru karena baru berdiri sejak 9 september 2019 sehingga butuh dilakukan promosi untuk memperkenalkan usaha kepada calon pelanggan.Pada jurnal ini akan dibahas strategi yang diterapkan oleh dapoer ss dalam mendapatkan pelanggan baru. Keluaran dari penelitian ini berupa hasil analisa penerapan strategi customer acquisition yang memberikan hasil sangat baik untuk penambahan konsumen.


Full Text:

PDF

References


K. Sangaralingam, N. Verma, A. Ravi, S. W. Bae, and A. Datta, “High Value Customer Acquisition & Retention Modelling – A Scalable Data Mashup Approach,” in 2019 IEEE International Conference on Big Data (Big Data), Dec. 2019, pp. 1907–1916, doi: 10.1109/BigData47090.2019.9006106.

D. Prabha and R. S. Subramanian, “A survey on customer relationship management,” in 2017 4th International Conference on Advanced Computing and Communication Systems (ICACCS), Jan. 2017, pp. 1–5, doi: 10.1109/ICACCS.2017.8014601.

A. Widjaja, Dasar Dasar Customer Relationship. Jakarta: Management Harvindo, 2008.

Y. Gan and D. Li, “The impact of the customer satisfaction, switching costs and trust on customer relationship commitment,” in 2013 6th International Conference on Information Management, Innovation Management and Industrial Engineering, Nov. 2013, pp. 189–192, doi: 10.1109/ICIII.2013.6703545.

Griffin, Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan. Kesetiaan Pelanggan,. Jakarta: Erlangga, 2005.

J. Shao, Z. Wang, and X. Long, “The driving factor of customer retention: Empirical study on bank card,” in 2008 International Conference on Management Science and Engineering 15th Annual Conference Proceedings, Sep. 2008, pp. 558–564, doi: 10.1109/ICMSE.2008.4668969.

Yuan Shengjun, Zhao Xiangzhong, and Qiu Chongzhi, “A study on the measurement and application of customer loyalty,” in 2010 International Conference on Information, Networking and Automation (ICINA), Oct. 2010, pp. V2-179-V2-181, doi: 10.1109/ICINA.2010.5636975.

Ventura, “Costumer Acquisition Cost (CAC),” 2019. https://medium.com/@venturaofficialmedia/costumer-acquisition-cost-cac-f49f69c1c324.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

W. Wahyudi, Version Control System (VCS) Menggunakan Github dan Git. Padang: LPPM UNAND, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i2.16688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.