PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN UNTUK PENENTUAN TATALETAK BARANG
Abstract
Toko Doa Bunda merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan pakaian jadi.Toko ini melayani sekitar 450 transaksi penjualan selama sebulan, dan 14.512 transaksi dari bulan April tahun 2017 hingga bulan Agustus 2019 dengan jumlah item yang ada pada toko ini adalah 74 item. Dalam melakukan pengaturan tata letak barang, toko ini masih menempatkan barang menurut kelompok dan jenis barang sehingga berdampak terhadap pelayanan dan pencarian item yaitu konsumen akan membutuhkan waktu yang lama dalam pencarian barang jika konsumen membeli lebih dari satu barang yang letak barang satu dengan barang lainnya berada pada letak yang berjauhan. untuk mengatasi masalah tersebut, maka tugas akhir ini mencari item yang sering dibeli bersamaan oleh konsumen melalui data transaksi penjualan yang ada di Toko Doa Bunda. Tugas akhir ini menggunakan Algoritma FP-Growth. Dari 6.366 data transaksi yang di proses dihasilkan item Baju Kaos Pria dan item Celana Pendek Pria sering dibeli bersamaan dengan nilai confidence 15% dan Support 2%. Berdasarkan hasil tersebut peneliti ini merekomendasikan Baju Kaos Pria dan Celana Pendek Pria diletakkan secara berdekatan pada tata letak di Toko Doa Bunda.
Full Text:
PDFReferences
J. Heizer and B. Render, Management Operasi, 9th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2009.
R. Arifianti, “Analisis Tata Letak Dalam Persepektif Ritel,” J. Adbispreneur.2016; vol. 1, no. 3, pp. 251–258.
I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput.2017; vol. 8, no. 2, p. 671.
R.R. Mahmudah and E. Aribowo, “PENGGUNAAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN ATURAN ASOSIASI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT DI APOTEK,” JSTIE.2014; vol. 2, no. 3, pp. 130–139.
H. D. Anggraeni, R. Saputra, and B. Noranita, “Data Mining Data mining,” Min. Massive Datasets.2005; vol. 2, no, pp. 5–20.
S. Kurniawan, W. Gata, and H. Wiyana, “Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus: MT Shop Kelapa Gading),” SENTIKA . 2018; no. 8, pp. 61–69.
D. P. Larasati, M. Nasrun, and U. A. Ahmad, “Analisis Dan Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Smart Untuk Menentukan Market Basket Analysis Pada Usaha Retail” Sist. Komput.2015; vol. 2, no. 1, pp. 749–755.
A. Maulana and A. A. Fajrin, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fp-Growth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput.2018; vol. 5, no. 1, p. 27.
L. I. Prahartiwi, “Pencarian Frequent Itemset pada Analisis Keranjang Belanja Menggunakan Algoritma FP-Growth,” Inf. Syst. Educ. Prof.2017; vol. 2, no. 1, pp. 1–10.
D. Wirdasari, “Penerapan Data Mining Untuk Mengolah Data Penempatan Buku Di Perpustakaan Smk Ti Pab 7 Lubuk Pakam Dengan Metode Association Rule,” J. Saintikom.2011;vol. 10, no. 2, pp. 138–150.
E. Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan )” .2013;pp. 71–83.
J. Han, M. Kamber, and J. Pei, DATA MINING concepts and techniques. 2006.
N. R. Ardani and N. Fitrina, “Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan Algoritma Fp-Growth,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016; pp. 1–6.
D. Rusdiaman and A. Setiyono, “Algoritma fp-growth dalam penempatan lokasi barang di gudang pt. xyz,” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., 2018.
A. Setiawan and I. G. Anugrah, “Penentuan Pola Pembelian Konsumen pada Indomaret GKB Gresik dengan Metode FP-Growth,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf.2019; vol. 2, no. 2, p. 115.
R. Nofitri and N. Irawati, “Integrasi Metode Neive Bayes Dan Software Rapidminer Dalam Analisis Hasil Usaha Perusahaan Dagang,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi).2019; vol. 6, no. 1, pp. 35–42.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13253
Refbacks
- There are currently no refbacks.