IMPLEMENTASI METODE SMARTER UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAHAN KELAPA SAWIT PADA PT EKA DURA INDONESIA

Siti Monalisa, Abdul Wahid

Abstract


Aplikasi ini merupakan sistem pendukung keputusan untuk penentuan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit dengan menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER) dan menggunakan Rank Order Centroid (ROC) untuk perhitungan, dengan studi kasus yang digunakan adalah PT. Eka Dura Indonesia. sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh 5 (lima) kriteria yang dijadikan penilaian dalam analisa kelayakan pemilihan lokasi pekebunan yaitu luas area, tekstur tanah, curah hujan, lereng, dan topografi. Hasil akhir dari perhitungan SMARTER ini beruparank nilai dari total keseluruhan data yang sudah di rangkingkan sehingga nilai tertinggi merupakan rekomendasi terbaik untuk dibangun lahan perkebunan kelapa sawit. Output penelitian ini berupa sebuah aplikasi Pemilihan Lahan Kelapa sawit yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diimplementasikan untuk mendukung dalam merekomendasikan sebuah pemilihan berdasarkan analisa yang telah dilakukan. Dengan adanya SPK ini diharapkan dapat membantu pihak PT.Eka Dura Indonesia dalam mengambil keputusan secara terkomputerisasi dalam pemilihan lokasi pembangunan lahan kelapa sawit selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


. Edwards, W., dan Barron, F. H. (1994). Smarts and smarter: Improved simple methods for multiattribute utility measurement. Organizational behavior and human decision processes, 60(3), 306–325.

. Fauzi Yan, d. (2008). Kelapa sawit, budidaya pemanfaatan hasil dan limbah analisis usaha dan pemasaran. Penebar Swadaya.

. Hatta, H. R., Pratama, N. W., Khairina, D. M., dan Maharani, S. (2017). Pemilihan lahan terbaik untuk tanaman kelapa sawit menggunakan metode simple additive weighting.

. Khaswarina, S. (2001). Keragaan bibit kelapa sawit terhadap pemberian berbagai kombinasi pupuk di pembibitan utama. Jurnal Natur Indonesia, 3(2), 138– 150.

. Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi

. Pahan, I. (2008). Paduan lengkap kelapa sawit. Niaga Swadaya.

. Setyamidjaja, D. (2006). Kelapa sawit: Teknik budidaya, panen, dan pengolahan. Kanisius. Yogyakarta, 127.

. Sunarko,(2010).Budi daya dan pengolaan kebun kelapa sawit dengan sistem kemitraan. Agromedia Pustaka

. Turban, E., Aronson, J. E., dan Liang, T. P., 2005. Decision Support System and Intelligent Systems. Terjemahan Dwi Prabantini. Edisi 7. Jilid 1. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.