ANALISIS KUALITAS LAYANAN PORTAL AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL PADA FKIP UNIVERSITAS RIAU

Medyan Tiwi Rahmawita

Abstract


Sistem Informasi Portal Akademik telah diterapkan di FKIP Universitas Riau sejak tahun 2009. Namun dalam penerapan Portal Akademik ini masih ditemukan masalah yang terjadi yaitu masih kurang update informasi pada portal akademik, sulit loading dan terjadinya error pada sistem, dan tingkat keamanan pada sistem masih kurang dan lamanya waktu proses penyelesaian keluhan atau masalah mahasiswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna Portal Akademik dengan menggunakan metode E-Servqual. Penelitian ini menggunakan metode E-Servqual (Service Quality Electronic) dengan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil dari  penelitian ini didapatkan nilai gap} perdimensi yang bernilai negatif yaitu dimensi efficiency gap bernilai (-0,54), dimensi reliability yaitu (-0,43), dimensi responsiveness yaitu (-0,39) dan dimensi privacy yaitu (-0,23). Nilai TESQ yang diperoleh adalah (-0,62) dengan hasil negatif yang berarti layanan yang diberikan oleh Portal Akademik saat ini dikatakan belum memuaskan dan hasil pengolahan data responden diperoleh nilai CSI yaitu 0,89 (89\%) maka nilai CSI berada pada kriteria 0,81-1,00 yang berarti mahasiswa/i merasa puas dengan layanan portal akademik saat ini.

Kata Kunci: CSI, E-Service Quality, Portal Akademik, TESQ

Full Text:

PDF

References


Andika, F. (2018). E-service quality sebagai pendorong customer satisfaction serta dampaknya terhadap word of mouth dan repurchase intention (studi pada: Traveloka indonesia) (Unpublished doctoral dissertation). STIE Indonesia Banking School.

Angraini, A., dan Hermaini, N. (2018). Analisis kualitas layanan opac terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan metode e-servqual. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 67–72.

Arpan, A., Santi, R., dan Fadilah, E. (2017). Analisis kualitas layanan pegadaian application support system integrated online (passion) menggunakan metode service quality (servqual). JUSIFO, 3(2), 103–110.

Astuti, D., dan Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44–49.

Aulianto, D. R. (2012). Pengaruh penerapan sistem informasi akademik terhadap kualitas layanan akademik mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro. PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Deo, P. G., Sanjaya, R., dan Gandajaya, L. (2017). Analisis kualitas layanan lazada dengan menggunakan metode e-servqual dan ipa. JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS STUDIES, 2(2).

Fanny, F., dan Raditya, A. (2014). Designing branding for pink beach destinations in east lombok regency. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 12.

Indriani, D. (2013). Pengaruh service quality terhadap loyalitas pasien df clinic bandung: Survei terhadap pasien program one stop service df clinic cabang leumah neundeut bandung (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i2.13062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.