ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN MENERAPKAN KONSEP ENTERPRISE RESOURCE PLANNING

Idria Maita, Dinda Iguna

Abstract


Pada saat ini teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam strategi bisnis, salah satunya di bidang pendidikan termasuk di bidang akademik dan keuangan sekolah. SMAN 1 Tapung Hilir saat ini belum menerapkan teknologi informasi dalam proses bisnis di bagian akademik dan bagian keuangan. Sehingga sering terjadinya hambatan seperti, kehilangan data yang penting dan data tidak dapat tersimpan dengan baik. Tujuan pada penelitian ini untuk memberikan usulan rancangan sistem informasi yang terintegrasi pada bidang akademik dan keuangan dengan berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) dan menggunakan pendekatan step by step. Analisa perancangan sistemnya menggunakan Structured Analisys and Design (SSAD). Dengan adanya penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) di SMAN 1 Tapung Hilir dapat meningkatkan kinerja utama dalam bidang akademik untuk membantu pelayanan bagi siswa, guru pegawai, bendahara, dan kepala sekolah dalam melakukan pertukaran data dengan cepat. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan sistem integrasi ERP yang dapat menghubungkan rancangan sistem akademik dan sistem keuangan sekolah. Dengan adanya rancangan sistem ini, diharapkan dapat mendukung integrasi proses bisnis di bagian akademik dan keuangan pada sekolah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Ade, S. (2013). Analisis dan perancangan sistem informasi integratif pada stikom artha buana berbasis enterprise resource planning. Jurnal Magister Informatika.

Alaziz, R., Amalia, F., dan Brata, A. H. (2018). Pembangunan sistem enterprise resource planning pada griya laundry. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2278-2285.

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan perusahaan dan organisasi kelas dunia. Andi Offset.

Anardani, S. (2011). Analisis dan perancangan sistem informsi berbasis erp (enterprise resource planning) di ikip pgri madiun (Unpublished doctoral dissertation). Thesis. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Cahyono, S. (2006). Panduan praktis pemrograman database menggunakan mysql dan java. Informatika.

Choldun, M. I. (2006). Perancangan sistem informasi akademik dengan mengimplementasikan erp.

Christanti, N. D., dan Pratiwi, R. D. (2016). Analisis penyebab kegagalan penggunaan sistem informasi manajemen puskesmas (simpus) dalam penerimaan pasien rawat jalan di puskesmas adimulyo kabupaten kebumen. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1).

Dhewanto, W. (2007). Erp menyelaraskan teknologi informasi dengan strategi bisnis. Informatika.

Hasan, I. (2008). Analisis data penelitian dengan statistika. Bumi Aksara.

Hasibuan, A. (2017). Kebijakan pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas pendidikan di provinsi sumatera utara. Balitbang Provsu.

Humadiana, Indrayana, dan Evi. (2006). Sistem informasi manajemen: Obsesi mengoptimalkan informasi dalam bisnis. Graha Ilmu.

Kristanto,A. (2003). Perancangan sistem informasi dan aplikasinya. Gava Media.

Ladjamudin,A. (2005). Metode analisis dan perancangan sistem informasi. Graha Ilmu.

Leon, A. (208). Erp demystified. Company Edition.

Maita, I., dan Habibah, F. (2020). Perancangan enterprise architecture sistem informasi pelayanan publik di bpn kota pekanbaru. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 6(1).

Makinudddin, dan Hadiyanto. (2006). Analisis sosial: Beraksi dalam advokasi irigrasi. Akatiga.

Marakas, dan OBrien. (2010). Management system information. McGraw Hill.

Nafisah, S. (2003). Grafika komputer. Graha Ilmu.

O’Learny. (2000). Enterprise resource planning system. Cambridge University Press.

Rufiyanto, A. (2011). Perancangan erp (enterprise resource planning) untuk pendidikan tinggi berbasis crm (customer relationship management). Dalam (hal. 2).

Somarajan, W., dan Surendran. (2008). Planning and implementation of an erp system in a university in usa. Dalam 2008 some insights and guidelines (hal. 1-12).

Subhan, M. (2012). Analisa perancangan sistem. Lentera Ilmu. Suryalena. (2013). Enterprise resource planning sebagai tulang punggung bisnis masa kini. Universitas Riau.

Syafie,G. (2015). Sistem pengambilan keputusan dan informasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Van, H., dan Kuzic, J. (2010). Change management strategies for the successful implementation of enterprise resource planning system. Dalam (hal. 178182).

Wibisono, S. (2005). Enterprise resource planning (erp) solusi sistem informasi terintegrasi. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 150-159.

Yasin,V. (2013). Pentingnya sistem enterprise resorce planning (erp) dalam rangka untuk membangun sumber daya pada suatu perusahaan. Jurnal Manajemen Informati




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v7i1.11084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.