Gambaran Celebrity Worship Pada Penggemar K-Pop

Ni Wayan Reza Savitri Ayu, Dewi Puri Astiti

Abstract


Penggemar K-pop sering dianggap berlebihan dalam menyukai idola mereka. Sikap ini disebut sebagai celebrity worship dalam ilmu psikologi. Celebrity worship merupakan perasaan suka kepada idola yang menimbulkan obsesi. Umumnya, celebrity worship dialami oleh remaja. Perilaku yang ditunjukkan oleh individu yang memiliki celebrity worship adalah menguntit kehidupan pribadi idola yang disukai, dan mengikuti kemanapun idola tersebut pergi. Dalam dunia K-pop penggemar yang senang menguntit kehidupan idola sering disebut dengan sasaeng. Perilaku menguntit ini tidak hanya membuat idola merasa tidak nyaman, namun juga dapat membahaya diri penggemar tersebut. Faktor-faktor yang dapat mendorong individu melakukan celebrity worship adalah usia, keterampilan sosial, dan jenis kelamin. Adanya tulisan ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam memahami celebrity worship sehingga dapat mengontrol perilaku dan tidak menyimpang atau berlebihan dalam menyukai idola


Full Text:

PDF

References


Feist, J., & Feist, G. J. 2014. Teori kepribadian edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Kaparang, O.M. 2013. Analisa Gaya Hidup Remaja Dalam Mengimitasi Budaya Pop Korea Melalui Televisi (Studi Pada Siswa SMA Negeri 9, Manado). Jurnal Acta Diurna. 2(2). 1-15.

KOCIS, K. C. 2011. Korean Culture No.2 K-POP A New Force In Pop Music. Seoul: Ministry of Culture, Sport, and Tourism.

Lynn, M., Lange, R., & Houran, J., 2002. Conceptual and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology. 67-89.

Mandas, Astrid Lingkan., Suroso., Dwi Sarwindah S. 2018. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Celebrity Worship Pada Remaja Pecinta Korea Di Manado Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. 2(2).

Maltby, J., Houran, M.A., & McCutcheon, L.E. 2003. A Clinical Interpretation of Attitudes and Behaviors Associated with Celebrity Worship. The Journal of Nervous and Mental Deseases.

Maltby, J., dkk. 2004. Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology. Vol. 95, September: 411-428.

Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. 2005. Intense-personal celebrity worship and body image: evidence of a link among female Adolescents. British Journal of Health Psychology, 10(2005),1732.

Maltby, Jhon, Chapman, Moore, Jhon D. 2006. Extreme Celebrity Worship, Fantasi Proneness and Dissociation: Developing the measurement and Understading of Celebrity Worship within Clinical Personality Context. Personalities and Individual Difference.

Maltby, John, dan Liz Day. 2011. Celebrity Worshipand Incidence of Elective Cosmetic Surgery: Evidence of a Link Among Young Adults. Journal of Adolescent Healt 49 (2011) 483-489.

Nasution, Nadira Wulandari. 2018. Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Celebrity Worship Pada Remaja Di Komunitas Korean Cultural Centre Medan. Skripsi. Universitas Medan Area. Medan.

Rojek, C. 2012. Fame attack: The inflation of Celebrity and its consequences. New York: Bloomsburry Publishing Inc.

Sheridan, L., North, A., Maltby, J. & Gillet, R. 2007. Celebrity Worship, Addiction and Criminality. Article Psychology, Crime and Law.

Syam, H. M. 2015. Globalisasi Media dan Penyerapan Budaya Asing : Analisis pada Pengaruh Budaya Populer Korea Di Kalangan Remaja Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komunikasi. 3(1), 54-70.

Siti Luthfathul Millah. 2019. Hubungan Antara Celebrity Worship Dengan Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar Boyband BTS. Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi Dan Kesehatan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.

Sunarni. 2015. Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Identitas Diri Remaja Usia Sma Di Kota Yogyakarta. E- Journal Bimbingan dan Konseling. 5(1), 1-8.

Tionardus, M. 2020. Mengenal Sasaeng, Fans Garis Keras Kpop Yang Ganggu Kehidupan Pribadi Idol. Diakses tanggal 11 Maret 2020 dari https://www.kompas.com/hype/read/2020/01/24/095313266/mengenal-sasaeng-fans-garis-keras-kpop-yang-ganggu-kehidupan-pribadi-idol.

Ubonrat, S., & Shin, H. 2007. Asianizing K-pop: Production, consumption and identification patterns among Thai youth. Inter-Asia Cultural Studies, 8(1), 109-136.

Widjaja, A. K., Ali, M. M. 2015. Gambaran Celebrity Worship pada Dewasa Awal di Jakarta. Humaniora Journal. 6(1), 21-28.

Zahrotustianah, & Puspitasari, R. 2016. VIVALIFE. Diakses tanggal 11 Maret 2020 dari VIVA.co.id: http://m.viva.co.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i3.9858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.