Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Asertif Remaja Keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru

Rahmatia Budi Setyaningrum, Alma Yulianti, Yulita Kurniawati Asra

Abstract


Perilaku asertif adalah perilaku yang menunjukkan kemampuan mengungkapkan perasaan dan pikiran secara jujur dan nyaman, dan kemampuan untuk menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Perilaku asertif penting untuk dimiliki setiap remaja untuk menghindari mereka dari pengaruh negatif pergaulan bebas. Remaja yang asertif dapat dibentuk melalui pola asuh yang tepat, yakni pola asuh authoritative, dimana orang tua memberikan kebebasan bagi remaja untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner terhadap 87 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson melalui program SPSS versi 21.0 for windows, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,587 dengan sig. (2-tailed) = 0,000; p<0,05, artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Temuan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang authoritative berperan penting dalam membentuk perilaku asertif pada remaja.


Full Text:

PDF

References


Firdaus, DRS dkk. (2018). Potret Budaya Masyarakat Minangkabau Berdasarkan Keenam Dimensi Budaya Hofstede. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 6 (2).

Fitrianto, Heri. (2012). Pola Komunikasi dalam Keluarga Keturunan Minangkabau di Perantauan dalam Membentuk Kemandirian Anak. Skripsi Universitas Gunadarma Depok.

Garcia, Quincy P., & Santiago, A.B.B. (2017). Parenting Styles as Correlates to Self-esteem of Underprivileged Adolescents: Basis for a Proposed Parenting Skills Program. International Journal of Advanced Education and Research, 2 (5).

Khairani, R., dkk. (2017). Profil Perilaku Asertif Siswa SMP dari Keturunan Melayu, Minang, Jawa, Batak, dan Campuran di SMPN 32 Pekanbaru. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4 (2).

Papalia, D. E., Wendkos, S., & Feldman, R. (2008). Human Development. Jakarta : Kencana.

Parray, W.M., & Kumar, Sanjay. (2016). Assertiveness among Undergraduate Students of the University. The International Journal of Indian Psychology, 4 (76).

Robinson, C.C., dkk. (1995). Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports.

Sinaga, Yohanna Viscanesia. (2016). Hubungan antara Perilaku Asertif dan Perilaku Cyberbullying di Jejaring Sosial pada Remaja. Skripsi: Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Sriyanto, dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v1i2.9121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.