Job-Hopping Motives ditinjau dari Organization-Based Self-Esteem pada Karyawan Hotel di Kota Padang

Syifa Khansa Salsabila, Liliyana Sari, Tri Rahayuningsih

Abstract


Industri perhotelan merupakan sektor hospitality dengan tingkat turnover yang tinggi. Salah satu bentuk turnover yang sering ditemukan pada industri ini adalah job-hopping, yang kerap diasosiasikan dengan persepsi negatif karyawan terhadap pekerjaan di industri hospitality. Persepsi negatif akan mengarah pada rendahnya organization-based self-esteem yang dimiliki karyawan, sehingga dapat meningkatkan kecenderungan karyawan untuk berpindah-pindah kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara organization-based self-esteem dengan job-hopping motives pada karyawan hotel di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasional yang menggunakan analisis Spearman Rank. Responden dalam penelitian ini berjumlah 95 karyawan hotel bintang tiga dan bintang empat di Kota Padang, dengan teknik pengambilan sampel yaitu voluntary sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan adaptasi alat ukur Organization-Based Self-Esteem (OBSE) Scale dari Pierce dkk. (1989) dan alat ukur Job-Hopping Motives Scale (JHMS) dari Lake dkk. (2017). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara OBSE dengan escape motive (p = .004), dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -.293. Sementara itu, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara OBSE dengan advancement motive. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi organization-based self-esteem, maka semakin rendah intensi job-hopping yang didasari oleh escape motive pada karyawan hotel di Kota Padang.


Keywords


organization-based self-esteem, job-hopping motives, karyawan hotel

References


Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Barrows, C. W., Power, T., Reynolds, D. (2012). Introduction to Management in the Hospitality Industry. John Wiley & Sons.

Cheng, T. Y., & Tung, V. W. S. (2019). Dropping out of the hospitality industry after frontline work experience: An investigation into the personal changes of hospitality employees. International Journal of Hospitality & Tourism Administration, 22(2), 213-233. https://doi.org/10.1080/15256480.2019.1598911

Dalgic, A., & Akgunduz, Y. (2022). Relationships among organization-based self-esteem, social exchange, and turnover intention of hotel employees: Impact of job dedication. Journal of Quality Assurance in Hospitality & Tourism, 23(1), 176-195. https://doi.org/10.1080/1528008X.2020.1864563

Elshaer, A. M. (2019). Labor in the Tourism and Hospitality Industry: Skills, Ethics, Issues, and Rights. CRC Press.

Ferdian, F., & Suyuthie, H. (2018). Determinasi faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan hotel berbintang 4 di Kota Padang. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 3(3), 355-367.

Gusvita, S., Pohan, V. G. R., & Hadiyani, S. (2022). Job hopping intention on millennial employees. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 36(2), 172-176. http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v36.2.4903

Hall, A. A. (2020). The relationship between interest–environment fit and job–hopping motives. [Tesis, University of Johannesburg]. The University of Johannesburg Institutional Repository. https://hdl.handle.net/10210/455580

Hall, A. A., Morgan, B., & Redelinghuys, K. (2022). The relationship between job-hopping motives and congruence. SA Journal of Industrial Psychology, 48(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.4102/sajip.v48i0.1938

Kolb, B. M. (2021). Event Management for the Tourism and Hospitality Industries. Routledge.

Lake, C. J., Highhouse, S., & Shrift, A. G. (2017). Validation of the job-hopping motives scale. Journal of Career Assessment, 26(3), 531-548. https://doi.org/10.1177/1069072717722765

Leovani, E. (2022). The impact of job hopping on career development of the millenial generation. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 20(1), 84-92. https://doi.org/10.32524/jkb.v20i1.425

Lin, N., Jang, J., & Roberts, K. R. (2018). Are employees with higher organization-based self-esteem less likely to quit? A moderated mediation model. International Journal of Hospitality Management, 73, 116-124. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.01.021

Maulani, A. (2012). Perbedaan tingkat organization-based selfesteem (OBSE) berdasarkan kesesuaian preferensi jalur karir individu [Skripsi, Universitas Airlangga]. Repositori Perpustakaan UNAIR. https://repository.unair.ac.id/106338/

Nguyen, H. P., & Le, H. N. (2022). Determinants of job-hopping behavior: The case of information technology sector. International Journal of Law and Management, 64(3), 308-320. https://doi.org/10.1108/IJLMA-06-2020-0178

Pierce, J. L., Gardner, D. G., Cummings, L. L., & Dunham, R. B. (1989). Organization-based self-esteem: Construct definition, measurement, and validation. Academy of Management Journal, 32(3), 622-648. https://doi.org/10.2307/256437

Priyangga, R. D., & Franksiska, R. (2019). Job-hopping sebagai intervening pada pengaruh profesionalisme terhadap perkembangan karir. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 373-383. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21848

Rahman, F. R. (2022). Pengaruh organization-based self-esteem pada turnover intention dengan komitmen organisasional sebagai mediator dan achievement striving sebagai moderator (studi pada karyawan restoran di Solo Raya) [Skripsi, Universitas Sebelas Maret]. Repositori Perpustakaan UNS. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/86163/

Rahman, S., & Rivai, H. A. (2020). Faktor–faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan pada hotel bintang tiga di Kota Padang. Journal of Management and Business Review, 17(1), 63-78.

Remler, D. K., & Van Ryzin, G. G. (2021). Research Methods in Practice: Strategies for Description and Causation. Sage Publications.

Ridlo, I. A. (2012). Turnover Karyawan “Kajian literatur”. PH Movement Publication.

Sharma, M., & Mittal, V. (2017). Studying employer factors having impact job hopping practices in IT industry. International Research Journal of Commerce Arts and Science, 8(9), 66-74.

Wijesundara, W. G. S. R. (2015). An evaluation of graduates’ perception on employment in tourism and hospitality industry. Tourism, Leisure and Global Change, 2(1), 172-182.

Williamson, D. (2017). Too close to servility? Why is hospitality in New Zealand still a ‘Cinderella’ industry? Hospitality & Society, 7(2), 203-209. https://doi.org/10.1386/hosp.7.2.203_7




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i3.30084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.