Penerapan Token Economy untuk Meningkatkan On-Task Behavior pada Siswa ADHD

Annisa Dian Karina, Ni'matuzahroh Ni'matuzahroh, Diah Karmiyati

Abstract


Siswa ADHD memiliki kemampuan pemusatan perhatian yang rendah dalam proses belajar, hal tersebut terwujud dalam perilaku memperhatikan tugas yang rendah atau dengan kata lain on-task behavior rendah. Intervensi token economy yang diketahui dapat meningkatkan on-task behavior pada siswa ADHD yang dapat membantu dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan token economy terhadap peningkatan durasi on-task behavior pada siswa ADHD. Responden dalam penelitian ini adalah seorang siswa laki-laki berusia 8 tahun yang telah didiagnosa ADHD, memiliki karakteristik utama rendahnya kemampuan pemusatan perhatian (inattention) dan durasi perilaku on-task yang rendah dalam memperhatikan tugas sekitar 1-2 menit. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain single case experimental menggunakan rancangan ABA. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi continuous recording yang dilaksanakan selama 16 sesi dan menerapkan intervensi token economy. Token diberikan ketika siswa mampu mencapai durasi yang telah ditetapkan, kemudian token yang telah terkumpul dapat ditukar dengan back-up reinforcer yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil dengan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa token economy mampu meningkatkan durasi on-task behavior siswa ADHD. Hal ini ditunjukkan dengan durasi on-task behavior di akhir sesi follow-up yang meningkat menjadi 9 menit dibanding sesi baseline yang berdurasi sekitar 1-2 menit

Keywords


token economy; on-task behavior; ADHD student

References


Aggarwal, S., Chugh, N., & Balyan, A. (2023). Identification of adhd disorder in children using eeg based on visual attention task by ensemble deep learning. Proceedings of International Conference on Data Science and Applications. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-19-6634-7_18

Allday, R. A., & Pakurar, K. (2007). Effects of teacher greetings on student on-task behavior. Journal of Applied Behavior Analysis, 40(2), 317–320. https://doi.org/10.1901/jaba.2007.86-06

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (Fifth edition).

Ananda, D., Prayogi, R., Wahyuliawati, S., Gabriela, U. A., & Andriani, O. (2024). Strategi guru mengajak anak berkebutuhan khusus untuk bersemangat ke sekolah. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1).

Anjani, S., & Tjakrawiralaksana, M. (2020). Penerapan teknik shaping untuk meningkatkan durasi on-task behavior pada anak dengan masalah atensi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 184-198. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.9051

Arsati, H. M., Suparmi, & Rahayu, E. (2023). Token ekonomi untuk meningkatkan perilaku on-task pada anak dengan attention deficit hyperactivity disorder. Prosiding Seminar Nasional Sosial Dan Humaniora, 701–710.

Barkley, R. A. (2015). Attention-deficit hyperactivity disorder: A handbook for diagnosis & treatment (Fourth edition). New York: The Guilford Press.

Danielson, M. L., Bitsko, R. H., Ghandour, R. M., Holbrook, J. R., Kogan, M. D., & Blumberg, S. J. (2018). Prevalence of parent-reported adhd diagnosis and associated treatment among U.S. children and adolescents, 2016. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 47(2), 199–212. https://doi.org/10.1080/15374416.2017.1417860

de Lorient, S. R., Setiawati, Y., Hidayati, H. B., & Rejeki, P. S. (2023). Relationship between sociodemographic factors and caregiver burden among mothers of elementary school students with adhd symptoms in surabaya: A cross-sectional study. International Journal Of Scientific Advances, 4(3), 475–480. https://doi.org/10.51542/ijscia.v4i3.29

Demirdöğen, Y. E., Esin, İ. S., Turan, B., & Dursun, O. B. (2022). Assessing sustained attention of children with ADHD in a class flow video task. Nordic Journal of Psychiatry, 76(7), 497–506. https://doi.org/10.1080/08039488.2022.2064545

Eliza, R., & Neviyarni, N. (2020). Perilaku siswa yang tidak dikehendaki (off-task behavior) dan penanganan konselor. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 76–89. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2465

Freedman, C. (2022). Lessons learned: kinesthetic learning and engaging students with adhd (in the time of covid). In Master of Science in Education | Master’s Theses (Issue May). https://scholar.dominican.edu/education-masters-theses/46

Godwin, K. E., Almeda, M. V., Seltman, H., Kai, S., Skerbetz, M. D., Baker, R. S., & Fisher, A. V. (2016). Off-task behavior in elementary school children. Learning and Instruction, 44, 128–143. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.04.003

Graham-Day, K. J., Gardner, R., & Hsin, Y.-W. (2010). Increasing on-task behaviors of high school students with attention deficit hyperactivity disorder : Is it Enough? 33(2), 205–221.

Halimah, Bakar, A., & Nurbaity. (2020). Analisis faktor penyebab perilaku off-task siswa. Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 48–54. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3336

Hormansyah, R. D., & Karmiyati, D. (2020). Play therapy untuk meningkatkan atensi pada anak adhd (Attention deficit hiperactivity disorder). Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 8(2), 82. https://doi.org/10.22219/procedia.v8i2.13425

Irianjani, N. D., & Rohmah, F. A. (2020). Applying token economy to improve attention of child with adhd. Journal of Early Childhood Care and Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v3i1.1926

Lalitya, L., & Handayani, E. (2020). Penerapan token economy untuk meningkatkan perilaku on-task dalam aktifitas makan pada anak dengan hiperaktivitas. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(1), 22–47. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i1.15555

Latipun. (2021). Psikologi eksperimen edisi ketiga. Malang: UMM Press.

Mahanani, F. (2017). Operant conditioning: shaping dan positive reinforcement contingencies "dari perilaku off-task menjadi on-task. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 276-289. https://doi.org/10.15294/intuisi.v9i3.14119

Miltenberger, R. G. (2016). Behavior modification: Principles and procedures (6th edition). USA: Cengage Learning.

Nagasharmila, P., & Hema, G. (2018). Classroom accommodation for adhd children. International Journal of Academic Research and Development, 3(3), 2455–4197. www.academicsjournal.com

Nasa, A. F., Pudjiati, S. R. R., & Tjakrawiralaksana, M. A. (2018). Application of a shaping technique to increase on-task behavior duration in children with adhd. 135(Iciap 2017), 149–165. https://doi.org/10.2991/iciap-17.2018.13

Pernama, Kanti Sekarputri & Madjid, Erniza Miranda. 2019. Penerapan Intervensi Self-Management untuk Meningkatkan Perilaku on-Task pada Anak Usia Sekolah dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Inattentive type. Humanitas Jurnal Psikologi, 3(1), 15-3 https://doi.org/10.28932/humanitas.v3i1.2084.

Rosalez, E., Johnson, C. M., Bradley-Johnson, S., & Kanouse, S. (2020). Effects of white noise on off-task behavior and sleep for elementary-age students with adhd. Child and Family Behavior Therapy, 42(1), 20–36. https://doi.org/10.1080/07317107.2019.1690735

Russell, D., Ingvarsson, E. T., Haggar, J. L., & Jessel, J. (2017). Using progressive ratio schedules to evaluate tokens as generalized conditioned reinforcers. Journal of Applied Behavior Analysis, 51(1), 40–52. https://doi.org/10.1002/jaba.424

Slattery, L., Crosland, K., & Iovannone, R. (2016). An evaluation of a self-management intervention to increase on-task behavior with individuals diagnosed with attention-deficit/hyperactivity disorder. Journal of Positive Behavior Interventions, 18(3), 168–179. https://doi.org/10.1177/1098300715588282

Stilitz, I. (2009). A token economy of the early 19th century. Journal of Applied Behavior Analysis, 42(4), 925–926. https://doi.org/10.1901/jaba.2009.42-925

Stroud, R. (2014). Assesing student engagement in tasks. Kwansei Gakuin University Humanities Review, 19, 93–105.

Sunardi, & Ruwayda, E. (2019). Implementation of a token economy technique to reduce offt task behaviour among students with low vision. 388(Icse), 237–239.

Warren, T., Cagliani, R. R., Whiteside, E., & Ayres, K. M. (2021). Effect of task sequence and preference on on-task behavior. Journal of Behavioral Education, 30(1), 112–129. https://doi.org/10.1007/s10864-019-09358-1

Widihapsari, I. A. G. K., & Yoenanto, N. H. (2021). Aplikasi teknik shaping dan token ekonomi untuk meningkatkan durasi perilaku on-task pada anak dengan adhd. Jurnal Psikologi Terapan, 11(3), 293–303.

Yusriyyah, Q. N., Aziz, A. R. H., Setiawati, Y., Dianasari, D., Pradanita, V. N., & Ardani, I. G. A. I. (2023). Learning disorder in attention deficit hyperactivity disorder (adhd) children: A Literature Review. International Journal Of Scientific Advances, 4(1), 15–18. https://doi.org/10.51542/ijscia.v4i1.4




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v6i2.29931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.