Pengaruh Pola Asuh Authorative dan Motivasi Belajar terhadap Integritas Akademik Mahasiswa
Abstract
Integritas akademik merupakan hal yang perlu dimiliki oleh semua individu, termasuk mahasiswa. Mahasiswa tahun pertama harus memiliki integritas akademik agar karakter akademiknya menjadi positif. Terdapat beberapa faktor eksternal dan internal mempengaruhi integritas akademik. Faktor internal salah satunya adalah motivasi belajar, dan faktor eksternalnya adalah pola asuh authoritative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh authoritative dan motivasi belajar terhadap integritas akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan 140 mahasiswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh authoritative dan motivasi belajar mempengaruhi integritas akademik sebesar 8,5%, sehingga 91,4% faktor lain dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Ditemukan pengaruh pola asuh authoritativeterhadap integritas akademik secara parsial namun tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan integritas akademik. Berdasarkan hasil penelitian, pola asuh authoritative sangat dibutuhkan mahasiswa agar memiliki integritas akademik yang tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). The relationship between learning motivation and learning outcome of junior high school students in Yogyakarta. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 66, 138–141. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.23
Anugraheni, A. R., Seprina, C. A., Paramitasari, S. P., Vionita, V. K., & Husna, A. N. (2019). Skala motivasi belajar : Konstruksi dan analisis psikometri. Proceeding of The URECOL, 1(10), 66–69. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/642
Aulia, F. (2015). Faktor-faktor yang Terkait dengan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP, 6(1), 23–32.
Busch, P., & Bilgin, A. (2014). Student and staff understanding and reaction: Academic Integrity in an Australian University. Journal of Academic Ethics, 12(3), 227–243. https://doi.org/10.1007/s10805-014-9214-2
Daulay, N. (2021). Motivasi dan kemandirian belajar pada mahasiswa baru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 21–35. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(1).5011
Etikan, I. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11
Gaspersz, J., & Sososutiksno, C. (2023). Pengaruh integritas mahasiswa dan kepercayaan diri terhadap perilaku kecurangan akademik dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 828–841. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3666
Hafizha, R. (2021). Pentingnya Integritas Akademik. JECO Journal of Education and Counseling Journal of Education and Counseling, 1(2), 115–124.
Harandi, S. R. (2015). Effects of e-learning on students’ motivation. 3rd International Conference on Leadership, Technology and Innovation Management, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905
Hidayat, M. N. A., Sumarwati, M., & Mulyono, W. A. (2020). Integritas akademik mahasiswa berhubungan dengan kemampuan dalam mengatur belajar secara mandiri. Journal of Bionursing, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.20884/1.bion.2020.2.2.31
Jabagchourian, J. J., Sorkhabi, N., Quach, W., & Strage, A. (2014). Parenting styles and practices of Latino parents and Latino fifth graders’ academic, cognitive, social, and behavioral outcomes. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 36(2), 175–194. https://doi.org/10.1177/0739986314523289
Kabak, E. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi integritas akademik mahasiswa keperawatan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 110–122.
Kurniawan, A. (2011). Perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa psikologi UNNES. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Latifah, A. N. (2014). Pengaruh efikasi diri dan lingkungan sekolah terhadap kecurangan akademik pada tes tertulis akuntansi siswa kelas xi kompetensi keahlian akuntansi smk se-kabupaten kulon progo tahun ajaran 2013/2014.
Löfström, E. (2016). Role-playing institutional academic integrity policy-making: Using researched perspectives to develop pedagogy. International Journal for Educational Integrity, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.1007/s40979-016-0011-0
Maharani, P., Muktamiroh, H., & Nurhayati, L. (2018). The correlation of parenting style with undergraduate medical students’ academic integrity in a medical school. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 7(1), 14. https://doi.org/10.22146/jpki.35523
Manurung, K. (2022). Peran orang tua dalam membangun integritas anak di keluarga kristiani. Antusias, 8(2), 167–180.
Nada, Y. N. (2019). Pengaruh pola asuh, konformitas teman sebaya, jenis kelamin, dan usia terhadap agresivitas pada remaja pemain games berkonten kekerasan. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nasrah, Jasruddin, & Tawil, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendekatan contexstual teaching and learning (ctl) untuk memotivasi dan meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas viii smp negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235–248.
Nurfauziah, D. P., Irmarahayu, A., & Muktamiroh, H. (2021). The correlation of metacognitive and learning motivation in medical students academic integrity in a medical school. Proceedings of the International Conference on Medical Education (ICME 2021), 567, 83–87. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210930.015
Pramudyastuti, O. L., Fatimah, A. N., & Wilujeng, D. S. (2020). Perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi: investigasi dimensi fraud diamond. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1301
Quraisy, A., & Agus. (2021). Hubungan efikasi diri dan motivasi belajar matematika siswa kelas viii smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 85–91.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Merdeka Belajar, 289–302.
Rahman, Y. A. (2022). Muncul dugaan pemalsuan sertifikat ketrampilan, wisuda puluhan mahasiswa UMK ditunda. Murianews. https://info-muria.murianews.com/yuda-auliya-rahman/291384/muncul-dugaan-pemalsuan-sertifikat-ketrampilan-wisuda-puluhan-mahasiswa-umk-ditunda
Ramdani, Z. (2018). Construction of academic integrity scale. International Journal of Research Studies in Psychology, 7(1), 87–97. https://doi.org/10.5861/ijrsp.2018.3003
Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran self regulated learning dalam hubungan motivasi belajar, prokrastinasi dan kecurangan akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 516–532. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31482
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak jilid 1. Erlangga.
Simon, Petersen, A., Sheard, J., Settle, A., Morgan, M., & Sinclair, J. (2018). Informing students about academic integrity in programming. ACM International Conference Proceeding Series, 113–122. https://doi.org/10.1145/3160489.3160502
Siswanto, & Suyanto. (2018). Metode penelitian kuantitatif korelasional. Bosscrript.
Sofia, A., & Adiyanti, M. G. (2014). Hubungan pola asuh otoritatif orang tua dan konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral. Pogram Pendidikan Progresif, 4(2), 133–141.
Sulaiman, H., Purnama, S., Holilulloh, A., Hidayati, L., &, & Saleh, N. S. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja: Pengasuhan Anak Lintas Remaja. PT Remaja Rosdakarya.
Suryanti. (2022). Pengaruh kompetensi dan integritas pejabat eksekutif terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel mediasi [Skripsi, Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/66860/
Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi pendidikan dan teknologi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa ulumahuam. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 20–30.
Tarigan, P., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan kecerdasan emosi dan pola asuh demokratis orang tua dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2001–2014. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.991
Widya, K. S., & Muwakhidah. (2022). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada siswa smp negeri 1 waru di masa pandemi covid-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(2), 68–76.
WIndayani, N. L. I., & Putra, K. T. H. (2021). Pola asuh otoritatif untuk membentuk karakter anak. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 173–182.
Zahro, H., Febrianto, M. V., & Santoso. (2020). Pola asuh orang tua dan dampaknya pada anak. Jurnal Pengabdian Integritas, 2(2), 29–31.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v5i3.26414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.