Conscientiousness dan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer
Abstract
Prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa salah satunya disebabkan oleh rasa lelah atau rasa bosan pada proses pembelajaran. Di sisi lain, mahasiswa membutuhkan kemampuan mengorganisasikan diri untuk mencapai tujuannya. Conscientiousness menggambarkan ketekunan seseorang, bekerja keras, mempunyai motivasi, bertanggung jawab, teratur, berorientasi pada hasil, dan memiliki tekad yang kuat. Sedangkan self-regulated learning adalah kemampuan mengatur dan mengarahkan diri, mengelola diri dalam menghadapi tugas-tugas yang sulit dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh conscientiousness dan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa di jurusan sistem komputer Universitas Putra Indonesia-YPTK Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 152 mahasiswa angkatan 2016 sampai 2019 berstatus aktif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tiga skala, yakni skala conscientiousness, skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik. Hasil analisis data penelitian menunjukkan conscientiousness dan self-regulated learning berpengaruh simultan terhadap prokrastinasi akademik, conscientiousness berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik, self-regulated learning berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Dengan demikian, conscientiousness dan self-regulated learning mahasiswa akan membuat prokrastinasi akademik menurun dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agwil, W., Fransiska, H., & Hidayati, N. (2020). Analisis ketepatan waktu lulus mahasiswa dengan menggunakan bagging cart. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 155. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.155-166
Anwar, M. S., & Dwiyanti, R. (2021). The Effect of Self-Regulated Learning (SRL) On Academic Procrastination In Class XI Students of Senior High School 2 Purbalingga, Indonesia. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.32923/psc.v3i2.1855
Arum, A. S. S., & Konradus, N. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengikuti Kuliah Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.56127/jukeke.v1i2.67
Dike, I., & Emmanuel, S. O. (2019). Study on Conscientiousness, Academic Self-Efficacy and Self-Esteem Predictive Power on Academic Procrastination Among Counselling Students. Psychocentrum Review, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.30998/pcr.1281
Firmansyach, M. E. B., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Kota Semarang. Journal on Education, 5(4), 12738–12751. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2262
Gao, K., Zhang, R., Xu, T., Zhou, F., & Feng, T. (2021). The Effect of Conscientiousness on Procrastination: The Interaction Between The Self-Control and Motivation Neural Pathways. Human Brain Mapping, 42(6), 1829–1844. https://doi.org/10.1002/hbm.25333
Hasanah, U. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademi keperawatan. Jurnal Wacana Kesehatan, 1(1), 16. https://doi.org/10.52822/jwk.v2i1.44
Jannah, M., & Muis, T. (2014). Prokrastinasi Akademik (Perilaku Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Akademik (Penundaan, 4(3), 1–8.
Kosasi, J., Siregar, N. N., & Elvinawanty, R. (2019). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Conscientiousness pada Mahasiswa Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 15(1), 71. https://doi.org/10.32528/ins.v15i1.1666
Maulana, N., & Leylasari, H. T. (2022). Hubungan Antara Conscientiousness dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMAN 4 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(2), 203–209. https://doi.org/10.37728/jpr.v7i2.581
McCrae, R. R., & Costa, P. T. (2006). Personality in Adulthood: A Five Factor Theory Perspectives (2nd Edition). New York: Guilford Press.
Mu’alima, K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2).
Novalyne, P. O., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Fenomena Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa: Bagaimana Kaitannya Dengan Kecanduan Smartphone Saat Pandemi COVID-19 Berlangsung? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 637. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8636
Paramithasari, S. P, Hermahayu, H., & Haq, A. L. A. (2022). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Belajar Online. Borobudur Psychology Review, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.31603/bpsr.6877
Paramithasari, Shanti Putri, Hermahayu, H., & Haq, A. L. A. (2022). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dalam Belajar Online. Borobudur Psychology Review, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.31603/bpsr.6877
Rohmah, L. S., Suryanto, S., & Matulessy, A. (2022). Correlation between Self Concepts and Peer Social Support with Academic Procrastination. Psikologia : Jurnal Psikologi, 4(2), 33–43. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i2.699
Sirazieva, L. M., Fakhrutdinova, R. A Kamasheva, J. L., & Leikin, M. (2017). Self-Regulated Learning in Higher Education. Revista Publicando, 131(691–699).
Sokic, K., Qureshi, F. H., & Khawaja, S. (2022). Predicting Academic Procrastination and Academic Achievement in Private Higher Education With the HEXACO Model of Personality and Psychological Distress. International Research in Higher Education, 6(4), 29. https://doi.org/10.5430/irhe.v6n4p29
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: frequency and cognitive-behavioral correlates requests for reprints should be sent to. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 3–509.
Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic Procrastination: Psychological Antecedents Revisited. Australian Psychologist, 51(1), 36–46.
Syapira, S. A., Budiman, B., & Selamat, M. N. (2022). Self-efficacy and self-regulation with academic procrastination in muslim adolescents during the online learning period. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 8(1), 88–101. https://doi.org/10.19109/psikis.v8i1.11894
Wahyuningsih, N. K. A. T., Manangkot, M. V., & Rahajeng, I. M. (2022). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa keperawatan. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(1), 109. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i01.p14
Wulandari, M., Umaroh, S. K., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4808
Zimmerman, B. J. (2015). Self-Regulated Learning: Theories, Measures, and Outcomes. In International Encyclopedia of The Social & Behavioral Sciences: Second Edition. Elsevier, 21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.26060-1
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i3.25270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.