“yang disukai itu adalah kondisi keragaman”: Studi Mixed-Method tentang Respons Siswa terhadap Keragaman di Kota Batam

Raihani Raihani, Diana Elfida, Nunu Mahnun

Abstract


Batam adalah kota di mana orang-orang dari banyak ragam suku/etnis dan agama hidup berdampingan. Walaupun secara umum aman dan damai, kota multikultural ini pernah mengalami konflik dan friksi antar etnis yang mengakibatkan penduduknya terpapar potensi negatif dari keragaman. Melalui disain konvergen dari pendekatan mixed-method, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi respons psikologis siswa di Batam Kepuluan Riau terhadap keragaman yang mereka alami baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan menjelaskan bagaimana para siswa memandang keragaman tersebut. Studi kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan angket kepada 201 siswa di dua SMA di Kota Batam (usia rerata = 15,94 tahun). Studi kualitatif dilakukan dengan menginterview sepuluh orang guru dan 2 orang kepala sekolah, serta melakukan focused group discussion (FGD) kepada 18 orang siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil studi kuantitatif  memperlihakan bahwa mayoritas siswa merasa puas atas kehidupannya di tengah masyarakat yang beragam Respon positif ini sejalan dengan hasil studi kualitatif. Siswa belajar membangun perasaan, pemikiran dan perilaku yang positif sekaligus kontributif terhadap keragaman di lingkungan sekolah dan masyarakat. Penelitian ini mengisyaratkan pentingnya program dan proses pemaparan bagi para siswa terhadap keragaman, baik di dalam maupun di luar sekolah.


Keywords


respons psikologis, multikultural, keragaman

Full Text:

PDF

References


Atkinson, R.L., Atkinson, R. C., Smith, E. E., & Bem, D. J. (tanpa tahun). Pengantar Psikologi, Jilid 2. Diterjemahkan: Dr. Wijaya Kusuma. Interaksara.

Badan Pusat Statistik. (2015). Mengulik Data Suku di Indonesia. https://www.bps.go.id/news/2015/11/18/127/mengulik-data-suku-di-indonesia.html. Diunduh pada tanggal 22 Februari 2022.

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2020). Jumlah Tempat Ibadah Menurut Jenisnya di Kota Batam, 1999-2019. https://batamkota.bps.go.id/statictable/2020/06/23/76/jumlah-rumah -ibadah-menurut-jenisnya-di-kota-batam-1999-2019-.html. Diunduh pada tanggal 22 Februari 2022.

Badan Pusat Statistik Kota Batam. (2021). Infografis Kependudukan Kota Batam Tahun 2019. https://kominfo.batam.go.id/statistik-sektoral-jumlah-penduduk-kota-batam-tahun-2019. Diunduh pada tanggal 4 Oktober 2022.

Balakrishnan, K., Harji, M. B., & Angusamy, A. (2021). Intercultural communication competence: well-being and performance of multicultural teams. Journal of Intercultural Communication, 21(2), 82–96. https://doi.org/10.36923/jicc.v21i2.16

Banks, J. A. (2006). Cultural Diversity and Education: Foundations, Curriculum, and Teaching. Pearson Education Inc.

Boske, C. (2007). The awakening: the multicultural attitudes and actions of chief executive school officers. International Journal of Educational Management, 21(6), 491–503. https://doi.org/10.1108/09513540710780028

Brandwein, D., & Donoghue, C. (2012). Multicultural grassroots effort: To reduce ethnic & racial social distance among middle school students. Multicultural Education, 19(1), 38–43.

Butt, K. L., & Pahnos, M. L. (1995). Why We Need a Multicultural Focus in Our Schools. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 66(1), 48–53.

Chan, A. W., Yeh, C. J., & Krumboltz, J. D. (2015). Mentoring Ethnic Minority Counseling and Clinical Psychology Students : A Multicultural , Ecological , and Relational Model. 62(4), 592–607.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design. Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publication, Inc.

Dressel, J. H. (2005). Personal Response and Social Responsibility: Responses of Middle School Students to Multicultural Literature. The Reading Teacher, 58(8), 750–764. https://doi.org/10.1598/RT.58.8.5

Fang, K., Friedlander, M., & Pieterse, A. L. (2016). Contributions of acculturation, enculturation, discrimination, and personality traits to social anxiety among Chinese immigrants: A context-specific assessment. Cultural Diversity and Ethnic Minority Psychology, 22(1), 58–68. https://doi.org/10.1037/cdp0000030

Hoon, C.-Y. (2013). Multicultural citizenship education in Indonesia: The case of a Chinese Christian school. Journal of Southeast Asian Studies, 44(03), 490–510. https://doi.org/10.1017/S0022463413000349

King, L. A. (2012). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Buku 1. Penerbit Salemba Humanika.

Kymlica, W. (2007). The New Debate on Minority Rights (and Postcripts). In A. S. Laden & D. Owen (Eds.), Multiculturlism and Political Righht (pp. 25–59).

Laden, A. S., & Owen, D. (2007). Multiculturalism and Political Theory. Cambridge University Press.

Longhi, S. (2014). Cultural diversity and subjective well-being. IZA Journal of Migration, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.1186/2193-9039-3-13

Maestri, V. (2017). Can ethnic diversity have a positive effect on school achievement ? 5292. https://doi.org/10.1080/09645292.2016.1238879

Miles, M. B., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications Ltd.

Parekh, B. (2006). Rethinking Multiculturalism: Cultural Diversity and Political Theory. Palgrave MacMillan.

Raihani. (2014). Creating Multicultural Citizens: A Portrayal of Contemporary Indonesian Education. Routledge.

Riskowski, J. L., & Olbricht, G. (2010). Student View of Diversity. A Multicultural Mathematics Activity. Multicultural Educationon, Winter, 1–12.

Roberge, M.-élène, & Petrov, E. (2014). Students ’ Perceptions of their Attitudes and Behaviors toward Different Cultures / Ethnicities Before and After a Diversity Training Program. Journal of Business Diversity, 14(1), 80–91.

Yeo, F. (1999). The Barriers of Diversity; Multicultural Education & Rural Schools. Multicultural Education, 7(1), 2–7.

Yip, T. (2016). To Be or Not to Be: How Ethnic/Racial Stereotypes Influence Ethnic/Racial Disidentification and Psychological Mood. Cultural Diversity and Ethnic Minority Psychology, 22(1), 38–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v4i2.21782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.