Perancangan Permainan Terapeutik “Ignoring Miss Rainbow” untuk Meningkatkan Kemampuan Selektif Atensi Anak GPP
Abstract
Anak GPP mengalami kesulitan dalam menjaga kemampuan atensinya. Salah satu kemampuan atensi yang sangat penting dalam pemrosesan informasi adalah kemampuan selektif atensi yaitu kemampuan untuk menjaga serangkaian aktivitas kognitif spesifik yaitu mempertahankan perhatian selama mengerjakan tugas sampai selesai dan benar serta mengabaikan stimulus pengganggu (Flick, 1998). Penelitian ini bertujuan untuk merancang permainan yang bernilai terapeutik yang dapat melatihkan kemampuan selektif atensi pada anak GPP. Peneliti melakukan penelitian dalam 2 tahap, pada tahap pertama peneliti merancang aplikasi permainan terapeutik, lalu pada tahap kedua peneliti melakukan uji coba awal permainan kepada anak GPP. Pada tahap 1, peneliti membuat aplikasi permainan “Ignoring Miss Rainbow” dan melakukan survey kelayakan aplikasi permainan terhadap 10 anak yang terdiri dari, 5 anak dengan permasalahan atensi dan 5 anak tanpa permasalahan atensi. Selanjutnya, pada tahap 2 peneliti melakukan uji coba awal aplikasi permainan “Ignoring Miss Rainbow” kepada 1 orang anak GPP, dengan menggunakan model eksperimen one-group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan selektif atensi anak dengan GPP sebesar 13,56% yang dilihat dari peningkatan skor Response Inhibition Strenght (RIS) pada alat pengukur kemampuan selektif atensi yaitu Test of Sustained Selective Attention (TOSSA). Artinya, “Ignoring Miss Rainbow” dapat melatihkan kemampuan selektif atensi anak GPP.
Full Text:
PDFReferences
American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition. USA: American Psychiatric Association.
Arnold, L. E., Hodgkins, P., Kahle, J., Madhoo, M., Kewley, G. (2020). Long-Term Outcomes of ADHD: Academic Achievement and Performance. Journal of Attention Disorders, 73-85.
Barkley, R.A. 2006. Attention-Deficit Hyperactivity Disorder. 3th. NY: The Guilford Press.
Barkley, R.A. 1998. Attention – Deficit Hyperactivity Disorder: A Handbook for Diagnosis and Treatment Second Edition. New York: The Guilford Press
Brown, T.E. 2005. Attention Deficit Disorder: The Unfocused Mind in Children and Adolescents: A Practical Guide to Assessment and Intervention , Second Edition. New york: The Guildford Press
Christensen, Larry B. 2015. Experimental Methodology. 12th Edition. Boston: Pearson
De Lope, R. P., Medina, N. M. (2017). A Comprehensive Taxonomy for Serious Games. Journal of Educational Computing Research Vol. 55(5), 629-672.
Eisenberg, D., Schneider, H. (2007). Perceptions of Academic Skills of Children Diagnosed With ADHD. Journal of Attention Disorders, 390-397.
Flick, G.L. 1998. ADD/ADHD Behavior Change Resource Kit: Ready To Use Strategies & Activities for Helping Children with Attention Deficit Disorder. New York: The Center For Applied Research In Education
Flick, G.L. 2010. Managing ADHD in the K-8 Classroom. USA: Crown.
Gomes, H, dkk. 2012. Auditory Selective Attention and Processing in Children with Attention-deficit/Hyperactivity Disorder. NIH Public Access. 123(2): 293-302.
Handini, Meita N. 2015. Rancangan Modul Peningkatan Selective Attention Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP). Uji Coba Modul Peningkatan Selective Attention Melalui Permainan “Kumpulkan Bola Merah” Pada Anak Yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP) Usia 10 Tahun. Jatinangor: UNPAD
Jones, P.R dan David R. Moore. 2015. Development of Auditory Selective Attention: Why Children Struggle to Hear in Noisy Environments. Developmental Psychology. 55(3): 353-369.
Kovacs. F. 2019. T.O.S.S.A Test Of Sustained Selective Attention Version 4.0 Manual. The Netherlands: Pyramid Production.
Mash, E.J & Wolfe, D.A. 2016. Abnormal Child Psychology. 6th. Boston: Cengage Learning
Moen, O.L., Hedelin, B., Hall-lord, M.L. (2014). Parental perception of family functioning in everyday life with a child with ADHD. Scandinavian Journal of Public Health, 1-8.
Roosjati, Juke. S. 2018. Teori, Penelitian dan Praktik Attention Deficit Hyperactivity Disorder Pada Anak. Bandung: PT. Alumni Bandung
Sanford, K., Starr, L. J., Merkel, L., Kurki., S. B. (2015). Serious games: video games for good?. E-Learning and Digital Media Vol. 12(1), 90-106.
Schafer, Charles & Millan, Howard. 1981. How To Help Children With Common Problems. USA: Van Nostrand Reinhold Company.
Sohlberg, M.M & Mateer, C.A. 2001. Cognitive Rehabilitation: an Integration Neuropsychological Approach. New York: The Guildford Press.
Stevens, C and D. Bavelier. 2012. The Role of Selective Attention on Academic Foundations: A cognitive neuroscience perspective. NIH Public Access: 2 (Suppl 1):S30-S48.
Sudarsono, A. S & Sarwono, Joko. 2018. Sound Level Calibration on Soundscape Reproduction Using Headphone.25th International Congress on Sound and Vibration. ICSV25, Hiroshima.
Trout, A. L., Lienemann, T. O., Reid, R., Epstein, M. H. (2007). A Review of Non-Medication Interventions to Improve the Academic Performance of Children and Youth With ADHD. Remedial and Special Education, 207-226.
Updike, Caludia D. 2006. The Use of FM Systems for Children with Attention Deficit Disorder. Ball State University. Journal of Educational Audiology 13
Vallet, Robert. 1969. Programming Learning Disabilities. USA : Lear Siegler Inc.
Vallet, Robert. 1974. The Psychoeducational Treatment of Hyperactive Children. California: Fearon.
Yurumez, E., Yazici, E., Gumus, Y. Y., Yazici, A. B., Gursoy, S. (2014). Temperament and Character Traits of Parents of Children With ADHD. Journal of Attention Disorders, 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i1.14811
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.