Orientasi Masa Depan Mahasiswa Yang Mengalami Prokrastinasi Akademik Saat Menyusun Skripsi

Nur Aziza Tiara, Reni Susanti

Abstract


Abstrak

Orientasi masa depan merupakan variabel yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan antara orientasi masa depan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional denggan alat pengumpulan data berupa skala orientasi masa depan disusun berdasarkan teori Nurmi (1991) dan skala prokrastinasi akademik disusun berdasarkan teori Ferrari dkk (1995). Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Sain dan Teknologi UIN Suska Riau. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling, dimana pengambilan sampel memberikan peluang yang sama bagi mewakili populasi untuk dipilih menjadi sampel penelitian dengan jumlah sampel 141. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yaitu skala orientasi masa depan dan skala prokrastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan negatif antara orientasi masa depan dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Berdasarkan hasil  analisis korelasi product moment dari pearson’s hipotesis diterima terdapat hubungan yang signifikan artinya semakin tinggi orientasi masa depan maka semakin rendah orientasi masa depan pada mahasiswa dan semakin rendah orientasi masa depan maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.

Kata kunci: Orientasi masa depan; prokrastinasi akademik


Full Text:

PDF

References


Referensi

Agusta,N.Y.(2015).Hubungan Antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik mulawarman”.ejurnal.psikologi,fisif-unmul.org

Akinsola, M.k., dan Tella,A., (2007).Correlates academic prokrastination and mathematics achievement of university undergraduate student.eurasia jurnal of mathematics science & technology education.3

Azwar. ( 2009). Dasar-dasar Psikometri. Yogyakarta: PustakaPelajar

Azwar, S. (2010). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi Edisi I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, Albert. (1986). Social Foundation Thought and Action a Social Cognitive and Theory Practice Hall inc. New Jersey.

Bruno, F.J. (1998). Stop Procrastinating! (Terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia

Burka, J.B. & Yuen, L.M. (1983). Procrastination: Why You Do It, What To Do About It. New York: Perseus Book.

Catrunada, L., & Puspitawati, I. (2008). Kecendrungan Prokrastinasi tugas skripsi berdasarkan tipe kepribadian introved dan ekstrovet.skripsi, fakultas psikologi universitas gunadarma.

Chaplin, J, P. (2008). Kamus lengkap psikologi jakarta : Raja Grafindo persada

Debora, (2016). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Erikson, Ek. (1989). Identitas dan siklus hidup manusia. Alih bahasa : Jakarta : PT. Gramedia

Ferrari, J.B., Johnson, J. L. & Mc Cown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance. New York: Plenum Press

Ghufron, (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ghufron, M. N, & Risnawita. R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-russ Media.

Ghufron, M. N, & Risnawita. R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-russ Media.

Ghufron, M. N.(2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orangtua dan prokrastinasi akademik. Tesis-Yogjakarta fakultas psikologi universitas gaja mada .online di http://wwwdamandimandiri.or.id/detail.php?id=303(diakses tanggal 27 mei 2017).

Ginanjar, (2004). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual ESQ (Emotional Spiritual Quaotient). Jakarta: Angga.

Hartaji, Damar A. (2012). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan).

Hartono dan Purnama, (2007). Hubungan Optimisme Yang Tidak Realistik Tentang Massa Depan Dengan Prokrastinasi Saat Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wangga Manggala.

Iskandar, dkk. (2005). Buku mutu kuliah skripsi.jatinangor.

Kumala, (2014). Hubungan Orientasi Masa Depan Dengan Prokrastinasi Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Pada Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol)Universitas Mulawarnan Smarinda.

Kurniawan, Rizki. (2013).hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa jurusan psikologi universitas negeri semarang : universitas negeri semarang

Marlokot, (2016). Hubungan Antara Adversity Quotient dan Prokrastinasi dalam mengerjakan skripsi pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Suska Riau.

Nurmi, J.E. (1989). Adolescent’s Orientation to the Future: Development of Interest and Plans, and related Atributions and Effect in the Life -Span Context. Helsinki. The Finish Society of Science and Letters.

Nurmi, J. E. (1991). How do adolescents see their future? A review of the development of future orientation and planning.

Nurmi, J. E. et.al. (2003). “Age Different in Adolescent Future-Orientated Goals, Concerns, and Related Temporal Extension in Different Socio culturaL Contexts”. Jurnal of Youth and Adolescence. 23. (1994)

Nurmi, J. E. (2004). Socialization and selfdevelopment: Channeling, selection,adjustment, and reflection. In R.Lerner & L.Steinberg (Eds.). Handbook ofadolescent psychology (2nd ed., pp. 85–124). Hoboken, NJ: Wiley

McCabe dan Bernett. 2000. First Comes Work, Then Comes Marriage Future Orientation Among Afican American Young Adolescents. Journal Family Relations. National Council On Family Relations Vol. 9. No.4.

Pattisina, E.C., Febriane, S., & Ivvaty,S. (2005). Jual Beli Gelar, Bentuk dari Neofeodalisme. Kompas Minggu, 11 September 2016.

Rico, (2014). Hubunggan Antara kompormitas dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bengkulu yang bersekolahan dijogjakarta.

Rizvi,A,Prawitasari,J.E & soepjipto,H.P.(1997).pusat kendalidan efikasi diri sebagai prediktor prokrastinasi akademik mahasiswa.jurnal psikologi,no3 tahun ll.Yogyakarta; fakultas psikologi universitas islam indonesia.

Rumiani, (2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stress mahasiswa.jurnal psikologi universitas diponegoro vol.3 No. 2.

Sadarjoen, S.S. (2008). Melalui orientasi masa depan cukupkah?http://kompas.co.id/indeks.php/read/xmi/2008/03/16.diakses pada tanggal 14 agustus 2017.

Saroni, M. (2008). Perlunya Pengawasan Terhadap Masa Depan. http://www.kompas.com ejournal Psikologi, Volume 1, Nomor 3, 201329.

Seginer, k.(2003).Adolescent future orientation : An integrated cultural and ecologikal perspektive.online reading in psychology and cultural cunit university of haifa israel.http://scholar wors.gvsu.edu/cgi

Solomon, L.J & Rothblum, E.D. (1984). “Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates”. Journal of Counseling Psychology. Vol.32

Solomon, L.J & Rothblum, E.D. (2005). “Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates”. Journal of Counseling Psychology. Vol.31

Steel, P., (2007). “The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure”.Psychological Bulletin. Vol.133, No.1, 65-94.

Steinberg, L. (2009). “Adolescence”. (edisi ke 6), McGraw-HIII.inc.USA.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Surijah & Tjundjing. 2007. “Mahasiswa versus tugas: Prokrastinasi akademik dan concientiousness”. Anima, Indonesian Psychological Journal,22(4), 352-374.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.Pelajar

Sidjabat, B.S (2008). Prinsip paedagogi dan andragogi dalam pembelajaran. Diambil dari:http://misikomunika.multiply.com/jurnal/item/19/menggalikreativitasmahasiswa.com (www.kbbi.web.id)

Triana, A.K.(2013). Hubungan antara orientasi masa depan dengan prokrastinasai dalam menyusun skripsi pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan politik (fisifol) universitas mulawarman samarinda. Ejournal.psikologi.fisif-unmul.ac.id

Trommsdorf, G. (2003). “Future Orientation and Socialization”. International Journal of Psychology Tuckman, B. W. 1991. “The development and concurrent validity of the Procrastination Scale”. Educational and Psychological Measurement , 51, 1991, 473-480.

Trommsdoroff. G. 2005. An Analysis Of Future Orientation And Some Of Its Social Determinants. International Journal Of Psychology. Vol. 5 No.2.

Tuckman, B. W. (2002). APA Symposium Paper, Chicago 2002 Academic Procrastinators: Their Rationalizations and Web-Course Performance. http://all.succescenter-ohiostate.edu/references/procrastinator_APA_paper.htm.

Tuckman, B. W. (1991). The Development and concurret validity of the prokrastination scale.educational and psychological measurement,si,.

Yosiana, (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tigkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di universitas mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i1.14434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.