Persepsi Sense Of Humor Guru Dengan Keberanian Bertanya Pada Siswa Di Mts Negeri 4 Kampar
Abstract
Keberhasilan suatu proses pembelajaran merupakan tujuan penting dalam tujuan pendidikan di sekolah, hal tersebut tampak dalam keaktifan siswa. Salah satu tanda keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu selalu memberikan respons dan aktif bertanya. Bagi siswa yang bertanya merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar karena siswa dapat menggali informasi, mengkorfimasi apa yang sudah diketahui, dan mengarahkan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya. Tujuan penelitian ini untuk menemukan hubungan antara persepsi humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 502 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 218 siswa dengan menggunakan teknik proporsional stratifield random. Instrumen yang digunakan adalah skala sense of humor dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,881 dan skala keberanian bertanya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,904. Berdasarkan analisis product moment corelation pearson memperoleh hasil r = 0,417 dan signifikansi sebesar 0,000 (p 0,01). Artinya ada hubungan antara persepsi siswa terhadap rasa humor guru dengan keberanian bertanya siswa di MTs Negeri 4 Kampar.
Kata kunci: Persepsi, Sense of Humor, Keberanian Bertanya, Siswa.Full Text:
PDFReferences
Apte, M.L. 2002. Humor and Laughter : An Anthropological Approach (4th ed.). Ithica/London: Cornell University Press.
Atkinson, R. L., Atkinson, R. C., & Hilgard, E. 1987. Pengantar psikologi. Jilid I (Edisi kedelapan). Jakarta Erlangga
Azwar, S. 2007. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2012. Realibilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Berk A. Ronald. 2006. Laughterpiece Theatre: Humor As a Systematic Teaching Tool. Essays on Teaching Excellence Toward the best in the Academy. Johns Hopkins University Vol.17, No.2.
Cahyani, Yuni, Dicha. 2018. Hubungan Persepsi Sense Of Humor Guru Dengan Perilaku Assertive Siswa. Skripsi. FPSI & Kesehatan UIN Sunan Ampel. Surabaya.
Charles, C.M dan Gail W.Senter 2005. Elementary classroom management. 4ed. USA: Pearson Education Inc.
Costin, Frank. 1985. Courage in the Classroom. Topical Articles. University of Illinois at Urbana-Champaign Vol. 12, No. 3.
Darmansyah. 2012. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara
Gunn, A. 2007. Fear is Power, Turn Your Fear into Succes. Jakarta: Hikmah.
Hartanti. 2002. Peran Sense of Humor dan Dukungan Sosial pada Tingkat Depresi pada penderita Dewasa Pasca Stroke. Anima. Indonesian Psychological Journal. Vol.17. No.2
Hariyadi. 2014. Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. Jurnal Biologi Science & Education.
Hasibuan & Moedjiono. 2014. Peningkatan Kemampuan Bertanya Melalui Metode Debat Aktif Siswa. Jurnal Pedagogi: Jakarta
Ibrohim, Asori. 2018. Jejak Inovasi Pembelajaran IPS Mengembangkan Profesi Guru Pembelajar. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera
Isnayah. 2016. Upaya Meningkatkan Keberanian Berpendapat Pada Kegiatan Bimbingan Klasikal Dengan Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Vol. 2, No.1.
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kristiandi. 2009. Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Sense of Humor Guru dengan Motivasi Belajar di Kelas 7 Internasional Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Medan. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara
Lindsay. R., Doughlas. 2007. Implicit Theories of Courage. The Journal of Positive Psychology
Martin, A.J. 2011. Courage in the Classroom: Exploring a new framework predicting academic performance and engagement. School Psychology Quarterly
Martono, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif; Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mustakim & Solikhin. 2015. Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya Dan Prestasi Belajar Dengan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media. Jurnal Pendidikan Vol.16, No.2.
Santrock, J.W. 2008. Adolescence: Perkembangan Remaja (edisi ke12, Penerjemah: Adelar, S.B., & Saragih, S.). Erlangga. Jakarta
Sardiman., A. M., 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarwono., S. W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers
Sarwono., S. W. 2001. Teori-teori psikologi sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suparsih. 2014. Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Pada Materi Luas Dan Volume Kubus Dan Balok Dengan Penemuan Terbimbing. Jurnal Derivat Volume 1 No. 2
Ribowo , B. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II A SMP Negeri 2 Bajarharjo Brebes dalam Pokok Bahasan Segi empat Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil Tahun Pembelajaran 2005/2006. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Thorson, J. A., Powell, F. C., Schuller, I. S., & Hampes, W. P. 1997. Psychological Health and Sense of Humor. Journal of Clinical Psychology, Volume. 53, No. 06
Thorson, J. A & Powell, F. C. 1993. Development and Validation of A Multidimentional Sense of Humor Scale. Journal of Clinical Psychology: Volume. 49, No. 1
Quraisyin, Dewi. (2008). Tipe-Tipe Mengajar Guru Yang Disukai Oleh Siswa Di MA Al – Aziziyah Lombok Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang. Malang
Walsh, J.A & Sattes, B.D. (2005). Quality Questioning: Research Based Practice to Engage Every Learner. Corwin Press. California
Woodard, C. R. (2004). Hardiness and the Concept of Courage. Consulting Psychology Journal: Practice and Research
Woodard, C. R. (2007). The Construct of Courage: Categorization and Measurement. Consulting Psychology Journal: Practice and Research
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v3i1.14177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.
E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin
Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.