Studi Komparatif Tingkat Employee Engagement Berdasarkan Masa Kerja Pada Guru

Rakhmi Mashita, Tuty Irawaty, Nur Alfizar

Abstract


Pesatnya persaingan bisnis di dunia pendidikan menuntut sekolah swasta bersaing untuk bertahan. Tidak semua sekolah swasta berhasil mencapai target pendaftaran murid baru. Sekolah yang memiliki guru atau karyawan dengan tingkat employee engagement yang kurang baik tidak akan dapat bertahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan tingkat employee engagement berdasarkan masa kerja pada guru Yayasan An-Namiroh di Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji anova sebagai teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan pada 155 guru di Yayasan An-Namiroh Pekanbaru, dengan menyebarkan skala employee engagement melalui google form. Dari penelitian ini diperoleh hasil tidak ada perbedaan signifikan tingkat employee engagement, ditinjau dari masa kerja guru di Yayasan An-Namiroh Pekanbaru. Namun dari hasil kategorisasi diketahui rata-rata karyawan memiliki tingkat employee engagement yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Akbar, Rizza M. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Engagement (Studi Pada Karyawan PT. Primatexco Indonesia di Batang). Journal of Social and Pndustri Psychology, 2(1), 10-18.

Anitha J. (2014). Determinants of Employee Engagement and Their Impact on Employee Engagement. International Journal of Productivity and Performance Management, Vol.63 No. 3, pp. 308-323.

Crawford, ER. LePine, Jeffery A & Rich, Bruce Louis. (2010). Linking job Demands and Resources to Employee Engagement and Burnout: A Theoretical Extension and Meta-Analytic Test. Journal of Applied Psychology, 95(5), 834-848, doi: 10.1037/a0019364

Gallup, S. (2006). Engaged Employees Inspire Company Innovation. France (FR): Gallup Management Journal.

Gallup. (2013). State of The American Workplace: Employee Engagement Insights For US Business Leaders. USA: Gallup, Inc.

Kurniawati, Irma Dwi, 2014. Masa Kerja dengan Job Engagement Pada Karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan

Lina, Ni Putu IM & Silvianita, Anita. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penentu Employee Engagement di PT.ABC Bandung. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 7(2).pp 108-116

Paramarta, W. A. (2020). Employee Engagement Dan Stress Kerja Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Dan Turnover Intention di Aman Villas Nusa Dua – Bali. 2(1), 60–79.

Robbins, S. P. & Timothy, A. J. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta (ID): Salemba Empat.

Robinson, D. Perryman, S & Hayday, S. (2004). The Drivers of Employee Engagement. North, 408, 12–15.

Schaufeli, W. & Bakker, A. (2004) Job Demands, Job Resources, And Their Relationship With Burnout And Engagement: A Multi-Sample Study. Journal of Organization Behavior. 25. 293-315

Schaufeli, Salanova, M., Gonzalez- Roma & Bakker, A.B. (2002). The Measurement of Engagement and Burnout: A Two Sample Confirmatory Factor Analytic Approach. Journal of Happiness Studies, 3, pp:71–92.

Schaufeli, Wi., & Bakker, A. (2004). Utrecht Work Engagement Scale (UWES) (Issue December). Utrecht University.

Suryaningrum, Aisyah G & Silvianita, Anita.(2018). Analisis Faktor-Faktor Employee Engagement Tenaga Keperawatan dan Penunjang Medik di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Sosiohumanitas. XX (1). 124-137.

Titien. (2016). Penyusunan dan Pengembangan Alat Ukur Employee Engagement. Psikohumaniora, 1(1), 113–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/pib.v2i1.11832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Publisher: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293.

E-mail : psikobuletin@uin-suska.ac.id / Website :http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin

 

 

View My Stats 

 

Flag CounterCreative Commons License

Psikobuletin : Buletin Ilmiah Psikologi by Fakultas Psikologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.