Etika, Otoritas, dan Kebebasan: Dialektika Pola Asuh dan Akhlak Remaja

Milasari Milasari, Aniskurlila Rizki Almazida, Ika Fajriani, Siti Nurfiani, Hamidah Hamidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara pola asuh orangtua dan perkembangan akhlak remaja dalam konteks masyarakat kontemporer yang sedang mengalami transformasi nilai secara cepat. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif yang diperkaya oleh pembacaan filosofis dan sosiologis, studi ini dilakukan di Kampung Sido Makmur Km.13, Kota Tanjungpinang, melibatkan 71 responden remaja dan orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua secara umum tergolong sangat baik, dengan kecenderungan dominan pada pola asuh demokratis (84,2%). Perkembangan akhlak remaja juga menunjukkan hasil yang sangat baik (84,0%). Korelasi antara pola asuh dan perkembangan akhlak sangat tinggi, dengan nilai r = 0,997 dan koefisien determinasi sebesar 97,4%. Namun demikian, pembacaan terhadap data ini tidak berhenti pada angka statistik semata. Dalam perspektif Michel Foucault, pola asuh dipahami sebagai praktik mikro-kuasa yang membentuk subjek moral melalui relasi antara disiplin dan kebebasan. Sementara itu, dalam pandangan Pierre Bourdieu, remaja hidup dalam arena sosial yang membentuk habitus baru yang seringkali tidak selaras dengan nilai-nilai keluarga. Konteks modernitas cair (liquid modernity) ala Zygmunt Bauman mempertegas bahwa krisis akhlak remaja tidak bisa dilepaskan dari longgarnya struktur nilai dalam masyarakat digital saat ini. Dengan demikian, pola asuh demokratis menjadi penting bukan hanya sebagai pendekatan pedagogis, tetapi sebagai strategi etis dalam merawat moralitas remaja di tengah arus perubahan sosial yang cepat dan cair.


Keywords


pola asuh, akhlak remaja, kekuasaan, habitus, modernitas cair, etika

Full Text:

PDF

References


Allan, J. (2022). Foucault and his acolytes: Discourse, power and ethics. In Social Theory and Education Research: Understanding Foucault, Habermas, Bourdieu and Derrida. https://doi.org/10.4324/9781003156550-5

Anggito, & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak.

Ball, S. J. (2012). Foucault, power, and education. In Foucault, Power, and Education. https://doi.org/10.4324/9780203078662

Baumrind, D. (1991). Baumrind 1991.Pdf. In Sage Journals (Vol. 11, Issue 1).

Bourdieu, P. (2018). The forms of capital. In The Sociology of Economic Life, Third Edition. https://doi.org/10.4324/9780429494338

Bourdieu, P., & Passeron, J. (1990). Reproduction in education, culture and society. In Trans. Nice, R. London: Sage.

Bredo, E., & Feinberg, W. (1979). Meaning, Power and Pedagogy: Pierre Bourdieu and Jean‐Claude Passeron, Reproduction in Education, Society and Culture†. Journal of Curriculum Studies, 11(4). https://doi.org/10.1080/0022027790110405

Buchanan, I., Bourdieu, P., Raymond, G., & Adamson, M. (1993). Language and Symbolic Power. SubStance, 22(2/3). https://doi.org/10.2307/3685295

Bungin, B. (2012). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Rajawali. Pers.

Cronin, C. (1996). Bourdieu and Foucault on power and modernity. Philosophy and Social Criticism, 22(6). https://doi.org/10.1177/019145379602200603

Dawes, S. (2011). The Role of the Intellectual in Liquid Modernity: An Interview with Zygmunt Bauman. Theory, Culture & Society, 28(3). https://doi.org/10.1177/0263276411398922

de Zoysa, D. A., & Appadurai, A. (1998). Modernity at Large: Cultural Dimensions of Globalization. International Migration Review, 32(4). https://doi.org/10.2307/2547675

Durkheim, E., & Bellah, R. N. (1973). On morality and society : Selected writings. In The ¤heritage of sociology.

Erden, M., & Uredi, I. (2023). The Effect of Perceived Parenting Styles on Self-Regulated Learning Strategies and Motivational Beliefs. International Journal about Parents in Education, 2(1). https://doi.org/10.54195/ijpe.18153

Erikson, E. (1968). Youth: Identity and crisis. In New York, NY: WW (Issue 96).

Foucault, M. (2021). Discipline and punish: The birth of the prison (an excerpt). In Coronavirus, Psychoanalysis, and Philosophy: Conversations on Pandemics, Politics and Society. https://doi.org/10.4324/9781003150497-3

Ginting, A. H. Br., & Ichsan, I. (2021). POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK CERDAS DAN ANAK GIFTED. El Midad, 13(1). https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.2985

Herdiansyah, H. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Salemba Humanika.

Kemit, S. Y., Loekmono, L., & Setyorini, S. (2019). Pola Asuh Otoriter tidak Berhubungan Signifikan dengan Konsep Diri Siswa SMA. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(1). https://doi.org/10.30653/001.201931.49

Labola, Y. A. (2018). Perpaduan Kecerdasan Intelektual (IQ), Emosional (EQ) dan Spiritual (SQ) Kunci Sukses bagi Remaja. Share : Social Work Journal, 8(1). https://doi.org/10.24198/share.v8i1.16168

Lamborn, E. A. G. (1941). The arms of strongbow. In Notes and Queries (Vol. 181, Issue 20). https://doi.org/10.1093/nq/181.20.268

Lamborn, E. A. G. (1944). A problem of the Oxfordshire domesday. In Notes and Queries (Vol. 187, Issue 10). https://doi.org/10.1093/nq/187.10.203

Lestari, Y. I. (2022). Pola Asuh Otoritatif dan Psychological Well-Being Pada Remaja. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 3(2). https://doi.org/10.24014/pib.v3i2.16914

Martono, N. (2014). Dominasi Kekuasaan dalam Pendidikan: Tesis Bourdieu dan Foucault tentang Pendidikan. Jurnal Interaksi. 2014, 8(1).

Munley, P. H. (1975). Erik Erikson’s theory of psychosocial development and vocational behavior. Journal of Counseling Psychology, 22(4). https://doi.org/10.1037/h0076749

Nissa, A. K., Majid, A., & Lailiyah, S. (2022). Konsep Self Efficacy pada Karakter Remaja dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3552

Palese, E. (2013). Zygmunt bauman. individual and society in the liquid modernity. SpringerPlus, 2(1). https://doi.org/10.1186/2193-1801-2-191

Pollock, G., & Davis, M. (2020). Thinking in dark times: Assessing the transdisciplinary legacies of Zygmunt Bauman. Thesis Eleven, 156(1). https://doi.org/10.1177/0725513619898090

Reay, D. (2022). “The more things change the more they stay the same”: The continuing relevance of Bourdieu and Passeron’s Reproduction in Education, Society and Culture. Revista Espanola de Sociologia, 31(3). https://doi.org/10.22325/fes/res.2022.116

Sukamadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Toro, J. M. A., & Arteaga, É. A. V. (2023). Parental control, Communication and Early Childhood Affection. Revista de Psicologia (Peru), 42(2). https://doi.org/10.18800/psico.202302.002




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v25i1.37350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats