Nilai – Nilai Pendidikan Agama Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Melalui Kajian QS. Ali Imron Ayat 190 - 191

Amelia Triana, Maria Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran setiap individu untuk mengembangkan pengetahuannya secara bijak dikarenakan dengan perkembangan zaman bagi kehidupan manusia dapat memicu hilangnya peran manusia sebagai khilafah di muka bumi yang memiliki tanggung jawab dalam menjaga serta melestarikan alam semesta. Metode analisis yang digunakan adalah penelitian kualitatif murni dengan cara memaparkan dan menjelaskan secara rinci melalui beberapa teori dari berbagai literatur kemudian dianalisis sebagai implementasi nya dalam kehidupan sehari – hari, sebagaimana yang tertera dalam surat Al Imran ayat 190 191 makna ulul Albab yaitu manusia yang memiliki akal untuk berpikir dengan diikuti hati yang bersih sehingga mendorong diri untuk menjauh dari nafsu yang jelas dan nyata, dengan adanya penanaman terhadap nilai nilai Islam melalui pembelajaran pendidikan Islam yang tercantum pada surat Al Imran ayat 190 – 191 membantu manusia untuk memiliki nilai spritual dalam dirinya sehingga memberi pengaruh dalam membentuk sikap dan perilaku sesuai dengan syariat Agama serta menjadi landasan dalam menentukan segala sesuatu dalam kehidupan

Keywords


Nilai – Nilai Islam; Pendidikan Islam; Pelestarian Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Cahyani, Ferina Ardhi, 2020 ‘Upaya Peningkatan Daya Dukung Lingkungan Melalui Penerapan Prinsip Sustainable Development Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup’, Indonesian State Law Review (ISLRev),Vol. 2. Issue 2, page. 168–79

Hidayat, Rahmat, 2016, Ilmu Pendidikan Islam " Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia ", ed. by Candra Wijaya (Medan: Lembaga peduli pengembangan pendidikan Indonesia ( LPPPI )

Humairoh, I A, 2021 ‘Makna Ulul Albab Dalam Tafsir Al-Qur’Anul ’Azhim’, Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan …, 4 No. 1, 1–23

Muhammad Alrizky, 2023, ‘Pengelolaan Lingkungan Hidup Dalam Norma Hukum Indonesia’, Jurnal Rechten: RISET HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA, No 5,page 34–42

Murjani, 2021, ‘Hakikat Dan Sistem Nilai Dalam Konteks Teknologi Pendidikan’, Adiba: Journal of Education, Vol 1.No 1, page 107–19

Nabila, N., 2020, ‘Tujuan Pendidikan Indonesia’, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 5.No 2, page 867–75

Nurmasari, Ratih, Ainun Rosyida, and Suprapto, 2016, Data Bencana Indonesia 2016 . Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, h.2-3

Sembiring, Tamaulina Br, 2022, PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP ( Konsep Dan Teori ), ed. by Kodri, Penerbit Adab CV. Adanu Abimata, Indramayu, Jawa Barat, h. 14

uswatun Hasanah, Hartono, 2022, ‘Tafakur Sebagai Konsepsi Menuju Keabadian Manusia Modern’, As- Syifa : Journal of Islamic Studies and History, Vol 1. No 1, page 8

Zakiyah, Qiqi Yuliati, and A Rusdiana, 2014, ‘Pendidikan Nilai (Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah)’, Pustaka Setia Bandung, h. 26




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v24i1.30193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats