Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Lima Unsur Pembelajaran Kooperatif dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Semester II MAN Salido 2013/2014

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Kooperatif model Two Stay two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan lima unsur pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class Action Research. Hasil penelitian dari penelitian ini bahwa 1) Pembelajaran melalui metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa 2) Hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 70,60% siswa dalam kategori aktif kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,55% siswa aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I mencapai 67.74% dan pada siklus II meningkat menjadi 93.55%.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Full Text:

PDF (187 - 213)

References


Abdul Azis, Wahab. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Anita, Lie. (2002). Kooperatif Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Djafar, Tengku Zahara. (2001). Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Padang: UNP.

Kunandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Ali. (2008). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar, Hamalik. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v18i2.22279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats