KONSEP LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN (1868–1923M)

Mawaddah Warahmah

Abstract


Terdapatnya beberapa tokoh Islam yang mengemukakan konsep pendidikan Islam yang masing-masing memiliki ciri khas dan perbedaan - membuat penelitian ini berfokus membahas konsep lembaga pendidikan Islam perspektif KH. Ahmad Dahlan.  Sumber data dalam tulisan ini didapatkan melalui kajian pustaka buku-buku yang  berjudul “K.H. Ahmad Dahlan (1868 – 1923)” yang ditulis oleh Mu’thi (2015). Tulisan ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode kajian pustaka (library research). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsep lembaga pendidikan islam menurut KH. Ahmad Dahlan memiliki sistem tersendiri yang terstruktur dengan memasukkan nilai nilai agama didalamnya. Komponen-komponen di suatu lembaga pendidikan seperti siswa, guru/pendidik, kurrikulum, dan sistem penyelenggaranya dapat dibangun dengan konsep islam yang diajarkan demi tercapai tujuan pendidikan islam yang baik dan benar

Keywords


Pendidikan; lembaga pendidikan Islam; KH. Ahmad Dahlan

Full Text:

PDF (111-121)

References


Chasanah, Udzlifatul Urgensi Pendidikan Hadis Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.

Danial Andi Safar, 2018 Skripsi: Peran dan Tanggung Jawab Orang Tua Tentang Pendidikan Anak dalam Perspektif Hadis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alaudddin Makassar.

Erzad. Azizah Maulana.2017, Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga, Vol.5, No.2.

Ghofur. Abdul, 2020, Pendidikan Anak Usia Prenatal Dalam Islam, Tarbawi,Vol.3.

Hasbullah, 2018, Lingkungan Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadis, Tarbawi: Jurnal Keilmuan dan Manajemen Pendidikan, Vol.4.No.1.

Katni, Analisis Hadis Nabi mengenai Fitrah Manusia untuk menemukan tujuan pendidikan Islam.

Khon. Abdul Majid, 2018. Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan, Jakarta: PrenadaMedia Grouo (Devisi Kencana), Cet ke-4.

Novrinda, 2017, Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan, Jurnal Potensia PG-Paud FKIP UNIB,Vol.2,No.1.

Rubini, 2015, Hadis Tarbawi Tentang Potensi Anak (Fitrah), Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Vol.4, No.2.

Salmah. Desri Nengsih, 2016, Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Karakter Anak: Analisis Hadis Tentang Lingkungan Keluarga, Proceeding International Seminar On Education: IAIN Batusankar.

Sulistyoko Arie, 2018, Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan: Telaah Tafsir Kontemporer Atas Surah At-Tahrim ayat 6, Iqro: Jurnal Of Islamic Educational, Vol.1, No.2.

Zulfahmi, Junias & Sufyan, 2018, Peran Orang Tua Terhadap pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam, Budaya: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol.9, No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v22i2.16820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats