Kompetensi Guru / Pendidik Menurut Imam Al Ghozali Dan Peraturan Pemerintah Indonesia

Mohammat Solikin

Abstract


Guru adalah kunci keberhasilan didalam Pendidikan. Oleh karenanya guru harus mempunyai kompetensi untuk mengajar dan mendidik. Maksud Penelitian ini mengangkat topik tentang kompetensi guru / pendidik menurut imam al ghozali dan peraturan pemerintah Indonesia. Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan library research. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis kritis, sumber data primernya adalah Pandangan Imam al-Ghazali dan peraturan pemerintah Indonesia tentang kompetensi yang harus dimiliki guru. Analisis pada penelitian ini menggunakan cara analisa isi yaitu pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian ini telah terangkum dalam kitab Ihya’ Ulumuddin juz satu. Secara garis besar guru harus mempunyai kompetensi akademik dan kompetensi spiritual. Ini sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia yaitu Persyaratan administrative, teknis,psikis, fisik. Adapun untuk mewujudkan kompetensi Guru yang professional Pemerintah Indonesia melalui Permendikbud no 87 tahun 2013 mengadakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk mensertifikasi guru berkompetensi professional

Keywords


Kompetensi Guru; Imam al-Ghazali; Peraturan Guru di Indonesia

Full Text:

PDF

References


BIBLIOGRAPHY

al-Ghazali. 1401. Ihya ‘Ulumiddin Juz I. Diterjemahkan oleh Misbah bin Zainul Musthafa Bacilan. Ihya ‘Ulumiddin Bil Ma’na Jawi Juz I. Rojamuroh: Pekalongan. .

al-Ghazali.2009. Ihya ‘Ulumiddin Jilid 1, Diterjemahkan oleh Moh, Zuhri. Terjemah Ihya ‘Ulumiddin Jilid I. Semarang: CV. Asy-Syifa’.

al-Ghazali 2014. Ihya’ ‘Ulumiddin. Diterjemahkan oleh Abu Madyan Al-Qurtubi. Mukhtashar Ihya’ ‘Ulumiddin. Depok: Keira Publishing

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Erlina, E., Suteja, & Affandi. (2019). Kompetensi Akademis Dan Spiritual Pendidik Menurut Imam Al-Ghazali Telaah Isi Kitab Ihya’ Ulum al-Din Juz I (Satu). Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 2407–6805.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Ma’ruf, M. (2017). KONSEP KOMPETENSI GURU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Surat Al-Qalam Ayat 1 – 4). Al-Makrifat, 2(1), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/234800619.pdf

Mustofa, A., & Saifulloh, R. (2017). Ali Mustofa dan Ragil Saifulloh ,. Jurnal Qolamuna, 3(1), 79–100.

Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 79–90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study : Kasus Di Kabupaten Bantul. 17.

https://www.referensimakalah.com/2012/11/pengertian-guru-menurut-bahasa-dan-istilah.html

https://www.orami.co.id/magazine/hadits-dan-ayat-alquran-tentang-pendidikan/

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Erlina, E., Suteja, & Affandi. (2019). Kompetensi Akademis Dan Spiritual Pendidik Menurut Imam Al-Ghazali Telaah Isi Kitab Ihya’ Ulum al-Din Juz I (Satu). Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 2407–6805.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Ma’ruf, M. (2017). KONSEP KOMPETENSI GURU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Surat Al-Qalam Ayat 1 – 4). Al-Makrifat, 2(1), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/234800619.pdf

Mustofa, A., & Saifulloh, R. (2017). Ali Mustofa dan Ragil Saifulloh ,. Jurnal Qolamuna, 3(1), 79–100.

Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 79–90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study : Kasus Di Kabupaten Bantul. 17.

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446

Erlina, E., Suteja, & Affandi. (2019). Kompetensi Akademis Dan Spiritual Pendidik Menurut Imam Al-Ghazali Telaah Isi Kitab Ihya’ Ulum al-Din Juz I (Satu). Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 2407–6805.

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Ma’ruf, M. (2017). KONSEP KOMPETENSI GURU PERSPEKTIF AL-QUR’AN (Kajian Surat Al-Qalam Ayat 1 – 4). Al-Makrifat, 2(1), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/234800619.pdf

Mustofa, A., & Saifulloh, R. (2017). Ali Mustofa dan Ragil Saifulloh ,. Jurnal Qolamuna, 3(1), 79–100.

Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 79–90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328

Tedjawati, J. M. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study : Kasus Di Kabupaten Bantul. 17.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14, Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Rusdiyana, A danYeti Heryati. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan:Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia

Zainuddin, dkk. 1991. Seluk Beluk Pendidikan dari al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.

لولوة راشد النعيمي,كفاية القرن الحادي والعشرين للمتعلمين, مؤتمر التعليم ٢٠١٩ ,مركز القطرن الوطني للمعتمرات, ص. ١-١٢.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v22i1.16773

Refbacks



 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats