Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Kh. Hasyim Asy’ari

Shindy Yuniari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemikiran KH. Hasyim Asy’ari mengenai pendidikan Islam serta hasil karyanya yang mulai dengan riwayat hidup KH. Hasyim Asy’ari. Di dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah library research atau studi kepustakaan yaitu dengan cara mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan pemikiran pendidikan islam menurut KH. Hasyim Asy’ari. KH. Hasyim Asy’ari memiliki nama lengkap Mohammad Hasyim yang lahir di Jombang, Jawa Timur yaitu pada selasa, 14 februari 1871 M atau 24 Dzulqa’dah 1287 H. KH. Hasyim Asy’ari merupakan anak dari pasangan Kyai Asy’ari dan Nyai Halimah. KH Hasyim Asy’ari telah menyumbangkan banyak hal yang dapat dilihat dari beberapa pemikirannya yaitu teologi, Ahlussunnah wal Jama’ah, tasawwuf, fiqh, serta pemikiran politik. Selain itu, pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dalam bidang pendidikan meliputi signifikasi pendidikan, tujuan pendidikan, karakter guru, tugas dan tanggung jawab murid, sistem pendidikan, kurikulum pendidikan, metode pengajaran, proses belajar mengajar, serta evaluasi. KH. Hasyim Asy’ari telah menghasilkan banyak karya yang masih dipakai di pesantren-pesantren. Karya-karya KH. Hasyim Asy’ari itu menjadi bukti betapa beliau memang merupakan seorang ulama sam mujtahid yang telah banyak mengahasilkan berbagai warisan tak ternilai, baik dari segi keilmuan maupun dari segi keorganisasian

Full Text:

PDF

References


Arifin, Imron. (1983). Kepemimpinan Kyai: Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Malang: Kalimasada Press

Bahawani, Imam. (1987). Segi-segi pendidikan Islam. Surabaya: Al-iklas

Baso, Ahmad, Sunyoto, Agus, Mummaziq, Rijal. (2017). KH. Hasyim Asy’ari; Pengabdian Seorang Kyai untuk Negeri. Jakarta

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia. Dany. https://www.boombastis.com/fakta-kh-hasyim-asyari-pendiri-nu/188554

Fadli, Muhammad Rijal, Sudrajat, Ajat. (2020). Keislaman dan Kebangsaan: Telaah Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari. Yogyakarta

Hakim, Lukmanul. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adbul ‘Alim Wal Muta’alim.

Margono, Hartono. (2011). KH. Hasyim Asy’ari dan Nahdlatul Ulama: Perkembangan Awal dan Kontemporer. Media Akademika

Marimba, Ahmad D. (1974). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif Mu’min. (2017). Kiprah Kyai Hasyim Asyari dalam Diskursur Hadits di Indonesia. Bandung

Pondok Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Lamongan. KH. Hasyim Asy’ari (1875-1947 M). http://ponpesm(a.unisla.ac.id/2019/11/04/kh-hasyim-asyari-1875-1947-m/ (dikutip apada 31 mei 2021)

Rizal, Samsul. (2002). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers

W, Dhevin M.Q Agus Puspita. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy’ari. Jember




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Creative Commons LicenseJurnal kutubkhannah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  View My Stats