Professional Development of Communication And Relationship of Teacher Raudlatul Athfal's Achievement With The Community

Fu'ad Arif Noor

Abstract


ABSTRAK. Tantangan bagi guru berprestasi dalam pengembangan profesinya menjadi guru teladan yang mampu menginspirasi bagi sesama guru. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk  mengetahui bagaimana komunikasi dan hubungan guru RA berprestasi dengan masyarakat yang mampu mengembangkan profesinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologis yang dilakukan langsung kepada subjek yang diteliti, guna memperoleh semua data terkait komunikasi hubungan Guru RA berprestasi dengan masyarakat. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi, dengan 5 (lima) guru RA berprestasi, teknik analisis data meliputi mereduksi data, menyajikan, menarik kesimpulan dan menverifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penelitian berhasil mengungkap: Interaksi di dalam konteks melaksanakan tugas yang secara langsung tertuju kepada tujuan RA atau satuan pendidikan Anak Usia Dini. Interaksi di luar konteks menjalankan tugas, walaupun interaksi itu terjadi di lingkungan kerja dalam sekolah RA, serta hubungan yang baik dalam konteks melaksanakan tugas menjadi prasyarat supaya produktivitas meningkat dengan masyarakat sekitar RA. Komunikasi yang kontinu istiqomah dan proses saling memberi masukan, serta saling menerima, juga membuat koreksi diri atau instrospeksi guru beserta sekolah menjadi giat, semangat, dan kontinu.

 

Kata Kunci:  Profesi, komunikasi, Guru RA, berprestasi, masyarakat.

ABSTRACT. The challenge for outstanding teachers in their professional development is to become exemplary teachers who are able to inspire fellow teachers. This research was conducted with the aim of finding out how the communication and relationship between outstanding RA teachers and people who are able to develop their profession. This study uses a qualitative method with a psychological approach that is carried out directly on the subject under study, in order to obtain all data related to the communication of the relationship between outstanding RA teachers and the community. Collecting data using interviews, documentation, and observation, with 5 (five) outstanding RA teachers, data analysis techniques include reducing data, presenting, drawing conclusions and verifying. The validity of the data was tested by using triangulation technique. The research succeeded in revealing: Interaction in the context of carrying out tasks that are directly aimed at the goals of RA or the Early Childhood Education unit. Interaction outside the context of carrying out tasks, even though the interaction occurs in the work environment within the RA school, as well as good relationships in the context of carrying out tasks are prerequisites so that productivity increases with the community around RA. Continuous communication istiqomah and the process of giving each other input, and accepting each other, also makes self-correction or introspection of teachers and schools to be active, enthusiastic, and continuous.

 

Keyword: Profession, communication, RA teacher, achievers, society.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Imron. 2001. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2013. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi. dan Mohammad Arifin. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan, & Penilaian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Connell, W.F. 1974. The Foundation of Education. New York: Holt Rinehart and Winstons.

Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar; Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Drost, J.I.G.M. 1998. Sekolah: Mengajar atau Mendidik?. Yogyakarta: Kanisius.

Forsdale, Louis. 1981. Perspectives on Communication. New York: Random House.

Freud, Sigmund. 2011. The ego and the id. London: The Hogarth Press.

Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Jumiatmoko. 2018. “Peran Guru Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Pada Anak Usia Dini”. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. (p-ISSN 2355-0163, e-ISSN 2502-3845). Institut Agama Islam Negeri Kudus. Vol. 6 | No. 2 | Jul-Desember 2018. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4033

Koehler, Jerry W., Karl W. E. Anatol, dan Ronald L. Applbaum. 1981. Organizational Communication: Behavioral Perspective. New York: Holt Rinehart and Winston.

Maister, David H. 1997. True Professionalism. New York: The Free Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Arni. 2005. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah; Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nainggolan. 1990. Pembinaan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Rineka Cipta.

Owens, Robert G. 1991. Organisational Behavior in education. Bonston: Allyn and Bacon.

Pantiwati. 2011. Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Program Sertifikasi Guru Bidang Studi (untuk Guru MI dan MTs). Makalah Dipresentasikan. Malang: PSSJ PPS Universitas Malang.

Pidarta. 2000. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

______________. 1999. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Ruben, Brent D., Lea P. Stewart. 2016. Communication and Human Behavior. New York: Kendall Hunt Publishing Company.

Semiawan, Conny R. dkk. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI. Jakarta: Grasindo.

Sodiah. dan Euis Nurhikmah. 2019. “Etika Kerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru” Jurnal Studi Manajemen Pendidikan “Tabdir”, Vol 1, No. 2 Tahun 2017, 185. Diakses 22 Maret 2019, http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/294/pdf.

Soetjipto. dan Raflis Kosasi. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Stiles, K.E. dan Horsley, S. 1998. Professional Development Strategies: Professional Learning Experiences Help Teachers Meet the Standards. The Science Teacher, September 1998.

Supriadi, Dedi. 2005. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Suryabrata. 2001. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutadipura, Balnadi. 1994. Kompetensi Guru dan Kesehatan Mental. Bandung: Angkasa.

Suwarja, Denny. 2019. KBK, Tantangan Profesionalitas Guru. 19 Juli 2003. Artikel. Homepage Pendidikan Network. Diakses 22 Maret 2019, https://aloykriting.wordpress.com/2010/09/16/belajar-readmore/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i2.16887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.