Implementasi Teori Permainan dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Roti (Studi Kasus: Toko Roti Kecamatan Medan Selayang)

Perli Pujiana, Parapat Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk roti yang tepat dan menghasilkan keuntungan yang optimum dengan menggunakan Teori Permainan. Data yang digunakan adalah primer yang diperoleh kuesioner dengan cara menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan tiga players yang akan diteliti yaitu Aroma Bakery & Cake Shop, France Bakery dan Mawar Bakery & Cake Shop. Adapun strategi (variabel) yang akan diteliti yaitu: strategi variasi roti (x1), strategi kualitas produk (x2), strategi harga produk terjangkau (x3), strategi harga produk lebih murah (x4), strategi lokasi strategis (x5),  strategi promosi online (x6). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa strategi yang harus digunakan oleh Aroma bakery adalah strategi lokasi strategis (x5), France bakery menggunakan strategi harga produk lebih murah (x4) dan Mawar bakery menggunakan strategi kualitas produk (x2) agar masing-masing toko roti memperoleh keuntungan yang maksimum.


References


D. Rahmawati, R. D. Handayani, and W. Fauzzia, “Pengembangan Pemasaran Produk Roti dan Pastry dengan Bauran Pemasaran 4P di Sari Good Bakery,” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 233–243, 2019.

D. Wijayati and E. Supriyadi, “Aplikasi Teori Permainan dalam Penentuan Strategi Pemasaran Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri,” E-Jurnal Matematika, vol. 10, no. 2, pp. 131–136, 2021.

H. Sabrina, “Pengaruh Marketing Endorser dan Kreativitas dalam Iklan Sepeda Motor Honda terhadap Persepsi Konsumen (Studi pada Masyarakat Lingkungan VI Helvetia Tengah Medan),” Jurnal PLANS: Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, vol. 11, no. 2, 2016.

A. Lubis, “Kajian Pemasaran Pengolahan kopi pada Kelompok Usaha Kopi di Desa Toweren Toa Kabupaten Aceh Tengah,” Jurnal, FKBI, 2017.

A. Hariati, N. H. Prasetya, and H. Cipta, “The Effectiveness of Clarke Wright and Sequential Insertion Algorithm in Distribution Routing Aqua,” Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, vol. 1, no. 1, pp. 15–22, 2021, doi: 10.14421/quadratic.2021.011-03.

A. N. Sari and E. Aryanny, “Analysis of Optimum Marketing Strategy with Game Theory (Case Study: Marketplace Indonesian,” Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), vol. 4, no. 3, pp. 226–256, 2022.

D. A. Ramdani and J. Arifin, “An Application of Game Theory in Determining Competitive Strategies on Smartphone Products,” Jurnal Serambi Engineering, vol. 6, no. 2, 2021.

A. Setiawan, D. Bin Aziz, I. Birawaputra, and B. Triyanto, “Implementation of Game Theory in Marketing Sirtu Fraction at PT. X and PT. Y,” INTAN Jurnal Penelitian Tambang, vol. 5, no. 1, pp. 7–14, 2022.

C. H. Simamora, E. Rosmaini, and N. Napitupulu, “Penerapan Teori Permainan dalam Strategi Pemasaran Produk Ban Sepeda Motor di FMIPA USU,” Saintia Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 129–137, 2013.

T. Al-Amin, L. Adrianto, and B. Sartono, “Aplikasi Game Theory dalam Kompetisi antar Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok Game Theory Application of Terminal Container Competition in Port of Tanjung Priok”, Warta Penelitian Perhubungan, 2018.

N. E. Chen, “A Description of Game Theory,” Journal of Education, Humanities and Social Sciences, vol. 2, pp. 199–205, 2022.

R. Silalahi and M. S. Sinaga, “Analisis Pengaruh Endorsement dan Paid Promote terhadap Penjualan Online Shop dengan Teori Permainan,” Journal of Mathematics Computations and Statistics, vol. 6, no. 1, p. 53, 2023, doi: 10.35580/jmathcos.v6i1.33154.

D. Igo Pratomo Putro Haniswanto, A. Suseno, D. Nurwinata Rinaldi, and C. Author, “Penerapan Metode Clark and Wright dan Pure Strategy dalam Menentukan Strategi Pemasaran dan Distribusi Produk Roti,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 9, pp. 104–116, 2022.

S. F. Nuraini, A. Sani, M. K. Djafar, and L. O. Sabran, “Implementasi Teori Permainan dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk Bakso (Studi Kasus: Warung Bakso di Kabupaten Bombana),” JOSTECH Journal of Science and Technology, vol. 3, no. 1, pp. 35–46, 2023, doi: 10.15548/jostech.v3i1.5647.

D. E. Sirait, “Implementasi Teori Permainan pada Strategi Pemasaran Produk Kecantikan Oriflame dan Jafra,” MES: Journal of Mathematics Education and Science, vol. 7, no. 1, pp. 35–40, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v11i1.29557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS

p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id