Analisis Sistem Antrean di Puskesmas Dago dengan Simulasi

Monika Krismayanti, Dharma Lesmono, Daniel Salim

Abstract


Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Salah satu fasilitas kesehatan yang dapat menerima pengguna BPJS Kesehatan adalah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di Puskesmas dapat mengakibatkan antrean yang panjang di Puskesmas tersebut dan dapat menimbulkan kerugian untuk Puskesmas ataupun masyarakat. Untuk mempelajari sistem antrean di Puskesmas, akan digunakan suatu model antrean yaitu  model antrean tandem. Dengan model ini diharapkan pelayanan dapat menjadi optimal dengan beberapa tindakan misalnya menambah unit layanan agar tidak terjadi penumpukan antrean. Dari model yang dikembangkan, akan digunakan simulasi untuk mengetahui kondisi dari sistem antrean. Hasil simulasi yang diperoleh, akan dibandingkan dengan solusi analitik dari model, terkait besaran-besaran fundamental pada sistem antrean. Penerapan dari hasil analitik dan simulasi akan dilakukan di Puskesmas Dago. Dari data yang dikumpulkan akan diperoleh model antrean yang cocok pada unit-unit layanan di Puskesmas Dago

References


A. Artiguna, Purina Pakurnia, Sugito, dan Hoyyi, “Analisis Sistem Antrian pada Layanan Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang,” Jurnal Gaussian, vol. 3, no. 4, hal. 801–810, 2014.

M. Soleh, “Gambaran Penerapan Sistem Antrian Pasien JKN di Loket Pendaftaran BPJS Rawat Jalan Rumah Sakit Prikasih Tahun 2021,” Indoneian. Scholar Journal of Medical Health Science., vol. 2, no. 5, hal. 649–656, 2023.

H. M. Fitri, M. Hidayati, P. Piksi, dan G. Bandung, “Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung,” Cerdika Jurnal Ilmiah Indonesia., vol. 1, no. 12, hal. 1789–1795, 2021.

Y. Y. Nabuasa, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam sebagai Sarana Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Oesapa Kota Kupang,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, hal. 150–160, 2021.

N. Laeliyah dan H. Subekti, “Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu,” Jurnal Kesehatan Vokasional, vol. 1, no. 2, p. 102, 2017, doi: 10.22146/jkesvo.27576.

P. R. Muninggar, L. Linawati, dan H. A. Parhusip, “Analisis Sistem Antrian dengan Simulasi di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga,” Jurnal Fourier, vol. 8, no. 2, hal. 57–64, 2019, doi: 10.14421/fourier.2019.82.57-64.

H. MZ, I. Pratiwi, T. Tolu, dan I. Husin, “Analisis Sistem Antrian dengan Metode Simulasi,” Jurnal Desiminasi Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 51–59, 2019.

F. A. Ekoanindiyo, “Pemodelan Sistem Antrian dengan Menggunakan Simulasi,” Dinamika Teknik, vol. 5, no. 1, hal. 72–85, 2011.

N. Arini, Ratih Windu, dan Suhartini, “Analisis Sistem Antrian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan : Studi Kasus Puskesmas Margadadi,” Jurnal Riset Rumpun Ilmu Teknik, vol. 1, no. 1, hal. 23–37, 2022, doi: 10.55606/jurritek.v1i1.104.

G.D. Arafah, Wijayanti, dan D. Runanto, "Analisis Sistem Antrian pada Alfamart Ahmad Yani Purwokerto," Jurnal Volatilitas, vol. 6, no 1, hal. 137-151, 2024.

A. Fitra, Suhendra, dan T. Ngudi, "Analisis Sistem Antrian Gudang Cross-dock Menggunakan Sistem Antrian (M/M/S) pada Industri Perakitan Mobil," Journal of Industrial View, vol. 06., no. 1, hal. 32-42, 2024.

Y. Sitorus, S.D. Saragih, W.S.S. Berasa, dan S.N. Amalia,"Analisis Model Sistem Antrian pada Pelayanan Konsumen Mie Gacoan Cabang Pancing Kota Medan,' Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 2, no. 2, hal. 293-308, 2024.

A. Sundari, Mujibburohman, E. Purwanda, dan M. Mukhsin, "Implementasi Model Antrian Tiket Bioskop di Cinema XXI Cilegon Center Mall," Indonesian Journal of Economics, Management, and Accounting, vol. 1, no 3., hal. 126-134, 2024.

T. P. Kaloka, “Analisa Model Antrian Pelayanan Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM),” 2016.

R. Listiyani, L. Linawati, dan L. R. Sasongko, “Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian secara Analitik dan Simulasi,” Jurnal Rekayasa Sistem Industri, vol. 8, no. 1, hal. 9–18, 2019, doi: 10.26593/jrsi.v8i1.3154.9-18.

W. L. Winston, Operations Research Applications and Algorithms, 4th ed. Toronto: Curt Hinrichs, 2004.

S. M. Ross, Introduction to Probability Models, 11th ed. Oxford: Academic Press, 2014.

S. L. Walpole, Ronald E., Myers, Raymond H., Myers, Probability and Statistics for Engineers and Scientists, 9th ed. Boston: Pearson Education, 2012.

W. W. Daniel, Applied Nonparametric Statistics, 2nd ed. Pacific Grove: Duxbury Press, 2000.

S. Dewi, R. Machmud, dan Y. Lestari, “Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019,” Jurnal Kesehatatan Andalas, vol. 8, no. 4, hal. 175–184, 2020, doi: 10.25077/jka.v8i4.1137




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v11i1.26776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS

p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id