Analisis Viral Marketing Pada Online Customer Terhadap Minat Pembelian Melalui Tiktok Shop Dengan Regresi Linier Sederhana
Abstract
Regresi linier sederhana digunakan untuk mencari korelasi antara satu variabel dependen dengan satu variabel independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana viral marketing dan minat pengguna mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian secara online. Walaupun penelitian dilakukan berulang kali dengan menggunakan kuesioner yang sama, uji reliabilitas digunakan untuk menilai tingkat konsistensi kuesioner untuk menentukan apakah dapat diandalkan untuk mengukur suatu variabel penelitian. Metode yang digunakan adalah korelasi product moment untuk menilai tingkat validitas kuesioner berdasarkan nilai korelasi (r) dengan total skor 0,25 untuk masing-masing variabel dari kuesioner yang berjumlah 513 responden yang disebar melalui berbagai platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Sedangkan untuk pemodelan regresi linier dengan variabel independen minat penggunna aplikasi Tiktok (x1) dan viral marketing (x2) mempengaruhi keputusan untuk membeli produk secara online, maka diperoleh model regresi linier Y=5,53+0,554x1+0,171x2+e.
Full Text:
PDFReferences
Hariza hayu S, “Estimasi Maksimum Likelihood Melalui Algoritma Ekspektasi Maksimasi Untuk Model Regresi Linear dengan Data Hilang,” Jurnal Matematika, vol. 10, no. 2. Mathematicas Department, Faculty of Mathematics and Natural Science, Udayana University, p. 105, 2020. doi: 10.24843/jmat.2020.v10.i02.p127.
J. S. Ristania, N. dan Justianto, “Analisa Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada ‘Online Shop’ S-Nexian Melalui Facebook,” Journal of Business Strategy and Execution, vol. 5, no. 2, pp. 131–161, 2013.
M. A. Furqon, “Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, vol. 4, no. 1, p. 79, 2020, doi: 10.33603/jibm.v4i1.3311.
M. Nggilu, A. L. Tumbel, and W. Djemly, “The Influence Of Viral Marketing, Celebrity Endorser, And Brand Awareness Towards Purchase Decisions In Geprek Bensu Manado,” Jurnal EMBA, vol. 7, no. 3, pp. 2691–2700, 2019.
E. Zuliawaty Rajasa, A. Manap, P. Doddy Heka Ardana, M. Yusuf, and Harizahayu, “Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing,” Jurnal Ekonomi, vol. 12, no. 01, p. 2023, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
K. I. Kristianto Okta Dwi and S. P., “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorse dan Brand Image Terhadapa Keputusan Pembeli di Distrol RMBL,” Jurnal Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 62–75, 2017.
M. Fauzi, N. A. F. A. Aniqoh, Harizahayu, A. F. F. Pospos, and H. Saediman, “Halal Supply Chain Management: Analysis of Decision-Making Factors for Aqiqah Business Suppliers in Indonesia,” Journal of Asian Finance, vol. 8, no. 6, pp. 1161–1169, 2021, doi: 10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.1161.
N. L. Hidayati, “Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Riviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 6, no. 3, pp. 77–84, 2018.
W. S. Ulfa and K. Fikriyah, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Di Tiktok Shop,” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, vol. 5, no. 2, pp. 106–118, 2022.
L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” Jurnal Matematika UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.
E. Sudarmanto et al., Metode Riset Kuantitatif dan Kualitatif. Yayasan Kita Menulis, 2022.
W. M. Baihaqi, M. Dianingrum, and K. A. N. Ramadhan, “Regresi Linier Sederhana Untuk Memprediksi Kunjungan Pasien Di Rumah Sakit Berdasarkan Jenis Layanan Dan Umur Pasien,” Jurnal Simetris, vol. 10, no. 2, pp. 671–680, 2019.
Harizahayu, M. Fathoni, and K. Hermanto, “Analysis validity and reliability of monitoring and evaluation final examination: Mathematics in Computer Engineering Study Program,” AIP Conference Proceedings, vol. 2577, 2022, doi: 10.1063/5.0096078.
R. D. A. I. I. Daffa Thufail Ramadhan, “Uji Kelayakan Desain Kuesioner Budaya Keselamatan ECAST (European Commercial Aviation Safety Team”.
P. Rumengan, G. B. Namgoy, and S. Rondonuwu, “Pengaruh Corrporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT BANK Central Asia Periode Tahun 2010-2015,” 164 Jurnal EMBA, vol. 5, no. 1, pp. 164–172, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v9i2.20652
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal JSMS
p-ISSN : 2460-4542 (print)
e-ISSN : 2615-8663 (online)
Alamat : Program Studi Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail : jsmsfst@uin-suska.ac.id