Pendistribusian Penjualan Beras Menggunakan Best Candidate Method Dan Modi

Sri Basriati, Elfira - Safitri, Ayu - Octariana

Abstract


Toko Empat Saudara Pekanbaru merupakan salah satu toko yang bergerak dalam bidang pendistribusian beras. Pendistribusian beras harus mengalokasian sedemikian rupa karena terdapat perbedaan biaya transportasi dari suatu sumber ke tujuan yang berbeda. Model transportasi merupakan pendistribusian suatu barang dari suatu sumber (supply) ke tujuan (demand) bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah pengiriman ke tujuan dalam sekali pengiriman, sehingga dapat menekan biaya serendah mungkin. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Best Candidate Method. Best Candidate Method merupakan metode untuk mencari solusi layak awal minimum biaya transportasi dengan cara membandingkan total ongkos antara kombinasi satu dengan kombinasi lainnya. Selanjutnya, solusi optimal akan ditentukan menggunakan metode MODI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan solusi layak awal minimum biaya pendistribusian penjualan beras di Toko Empat Saudara menggunakan Best Candidate Method. Berdasarkan hasil penelitian pendistribusian beras di Toko Empat Saudara Pekanbaru menggunakan Best Candidate Method menghasilkan solusi belum optimal dengan biaya Rp. 996.566 setelah dilakukan pengecekkan menggunakan metode MODI mengahasilkan solusi optimal Rp. 976.665.


Full Text:

PDF

References


D. Matematika, F. Matematika, D. A. N. Ilmu, P. Alam, and U. S. Utara, “Analisis Penerapan Model Transportasi Dengan Metode Vogel Approximation (Vam) Dengan Uji Modified Distribution (Modi) Analisis Penerapan Model Transportasi Dengan Metode Vogel Approximation (Vam) Dengan Uji Modified Distribution (Modi),” 2019.

M. Metode and V. S. Approximation, “Analisis Perbandingan Pengiriman Barang Menggunakan Metode Vogel’s Approximation Method (Vam) Dan Modified Distribution (Modi) (Studi Kasus: Pt. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya),” JURTEKSI, vol. V, no. 1, pp. 51–58, 2018.

N. K. Kertiasih, “Penggunaan Metode Transportasi Dalam Program Linier Untuk Pendistribusian Barang,” UNDIKSHA, vol. 6, no. 2, pp. 27–35, 2009.

Y. Haryono, “Penyelesaian Masalah Model Transportasi Dengan Menggunakan Metode Simpleks Transportasi,” vol. I, no. 2, pp. 71–77, 2015.

I. N. Amin, “Identifikasi Alternatif Pengadaan Bahan Baku Di Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Boyolali,” Muhammadiyah Surakarta, 2007.

Siswanto, Operation Research Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2007.

H. A. Ahmad and P. O. B. Amman, “The Best Candidates Methods For Solving Optimization Problem,” J. Comput. Sci., vol. 8, no. 5, pp. 711–715, 2012.

E. R. B. Wulan, “Penggunaan Best Candidate Method Untuk Mendapatkan Solusi Layak Awal Masalah Transportasi,” Mercumatika, vol. 1, no. 2, pp. 113–118, 2017.

P. T. G. Makassar, “Implementasi metode transportasi dalam optimasi biaya distribusi roti pada pt. granedia makassar,” Teknosains, vol. 11, no. 1, pp. 135–148, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v7i2.13364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :