Kendali Optimal Pada Model Persediaan Barang Yang Mengalami Weibull Deterioration Pada Waktu Berhingga

Nilwan Andiraja, Nidia Mindiyarti

Abstract


Kerusakan barang merupakan hal yang umum terjadi pada sistem persediaan.Barang-barang yang mudah rusak dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.Oleh karena itu, perlu adanya pengendalian terhadap persediaan yang dilakukan dengan penerapan teori kendali.Penelitian ini membahas penerapan teori kendali yang bertujuan untuk mendapatkan persamaan tingkat persediaan barang yang optimal dan mendapatkan kestabilan model matematika pada model kerusakan barang yang mengalami Weibull Deterioration pada waktu berhingga. Model persediaan barang yang digunakan adalah persamaan diferensial dinamik dimana fungsi permintaan diubah menjadi fungsi kuadrat  dan fungsi kerusakan diubah menjadi Weibull Deterioration. Persamaan yang ada digunakan untuk mendapatkan fungsi Hamilton, fungsi Lagrange, solusi dari persamaan yang diselesaikan dengan dua kasus dan analisa kestabilan.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persamaan memenuhi semua syarat-syarat yang diperlukan untuk kondisi optimal.Selain itu, berdasarkan contoh yang telah diberikan didapat bahwa kurva menurun pada waktu yang telah ditentukan.Artinya, persamaan stabil asimtotik pada waktu yang telah ditentukan.


Full Text:

PDF

References


Affandi, Pardi, Faisal, dan Y. Yulida. 2015. Kendali Optimal dari Sistem Inventori dengan Peningkatan dan Penurunan Barang.Jurnal MIPA UNLAM,38 (1), (2015). 79-88.

Azizah, Nur. Analisis Model EOQ dengan Adanya Kerusakan Barang pada Persediaan dan Perubahan Tingkat Permintaan.Jurnal Matriks,1(1), 2018.

Begum, R. An EOQ Model for Deteriorating Items with Weibull Distribution Deterioration, Unit Production Cost with Quadratic Demand and Shortages. Applied Mathematical Sciences, 4(6), 2010. 271 – 288.

Hazmuzalipa. Kendali Optimal pada Model Persediaan Barang yang Mengalami Weibull Deterioration pada Waktu Berhingg, Skripsi, Jurusan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 2018.

Johannes, Prof. H. dan Budiono Sri Handoko. Pengantar Matematika untuk Ekonomi, LP3ES, Jakarta, 1994.

Lewis, F. L. Optimal Control. John Wiley & Sons, Inc, Toronto, 1995.

Pulungan, Dian Serena dan Erika Fatma. Analisis Pengendalian Persediaan Menggunakan Metode Probabilistaik dengan Kebijakan Backorder dan Lost Sales.Jurnal Teknik Industri, 19(1), 2018.34-38.

Olsder, GJ. Mathematical System Theory.University of Technology, Delft, 1994.

Ross, Shepley L. Differential Equations, Third Edition.University of New Hampshire, New York, 1984.

Sethi, Suresh P, dan Thomson, Gerald L., Optimal Control Theory, Springer, New York, 2006

Sharma, Vikas, dkk. An Inventory Model for Deteriorating Items with Weibull Deterioration with Time Dependent Demand and Shortages.Research Jurnal of Management Sciences,2(3), 2013.1-4.

Tajd, Lotfi, dkk. Optimal Control of an Inventory System with Ameliorating and Deteriorating Items.Applied Sciences, 10, 2008.243-255.

Wahyu, Widodo Kurniawan. “Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang Terdistribusi (Studi Kasus:PT Master Centranusa Cemerlang)”. Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. 2009.

Walpole, Ronald E, dan Myers, Raymond H. Ilmu Peluang dan Statistik untuk Insinyur dan Ilmuwan. ITB, Bandung, 1995.

Xie, Wei-Chau.Differential Equations for Engineers.University of Waterloo Cambridge, New York, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :