Penyelesaian Integer Linear Programming menggunakan Metode Reduksi Variabel (Studi Kasus: Zee Studio Photography)

Elfira Safitri, Sri Basriati, Clara Ramadhania

Abstract


ZEE Studio Photography merupakan salah satu studio foto yang memproduksi bingkai foto dengan berbagai ukuran. Pembuatan bingkai foto dengan berbagai ukuran diharapkan memperoleh keuntungan yang besar dengan modal yang sedikit, sehingga sumber daya yang tersedia dapat dioptimalkan dengan baik. Salah satu cara untuk mengoptimalkan masalah tersebut yaitu dengan integer linear programming. Integer linear programming adalah sebuah model penyelesaian matematis yang ha sil penyelesaian kasus linear programming berupa bilangan pecahan diubah menjadi bilangan bulat. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah integer linear programming yaitu metode reduksi variabel. Metode reduksi variabel menghasilkan solusi optimal dengan semua variabel keputusan berupa bilangan bulat dengan perhitungan yang lebih sederhana tanpa harus menambah kendala gomory ataupun membuat percabangan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ZEE Studio Photography memproduksi 2 bingkai foto ukuran 24R dan 2 bingkai foto ukuran 36  dengan keuntungan sebesar Rp.500.000.


Full Text:

PDF

References


Basriati, Sri., Integer Linear Programming Dengan Pendekat an Metode Cutting Plane Dan Branch And Bound Untuk Optimasi Produksi Tahu, Jurnal Sains Matematika dan Statistika, Vol. 4, No 2, 2018.

Dimyati, T.T., dan Dimyati. A ., Operations Research: Model-model Pengambilan Keputusan, CV. Sinar Baru Algensindo, Bandung, 2009.

Marantika, Eagar, dkk., Penerapan Metode Branch and Bound Dalam Menentukan Keuntungan Maksimum Penjualan Tempe, Seminar Nasional Pendidikan Matematik, 2017. 299-309.

Novtaria, Pesti dan S. Bahri. Penyelesaian Masalah Pemrograman Linear Bilangan Bulat Murni Dengan Metode Reduksi Variabel, Jurnal Matematika UNAND, Vol. 3, No 3, 2014. 17-25.

Nufus, M., dan J. Anggara, Riset Operasi, Daulat Riau, Pekanbaru, 2016.

Pandian, P., dan M. Jayalakshmi, A New Approach for Solving A Class Of Pure Integer Linear Programming Problems, International Journal Of Advanced Engineering Technology, Vol. III, 2012. 248-251.

Siang, J. J., Riset Operasi Dalam Pendekatan Algoritmis, Andi, Yogyakarta. 2011.

Siswanto, Operations Research Jilid 1, Erlangga, Jakarta. 2007.

Supatimah, Sri Siti, dkk., Optimasi Keuntungan Dengan Metode Branch And Bound, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematik, Vol. 10, No 1, 2019.

Wifaulita, W., Metode Cutting Plane Pada Penyelesaian Integer Linear Programming Problem, Tugas Akhir, Program Studi Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jsms.v6i2.10521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JSMS
p-ISSN     : 2460-4542 (print)
e-ISSN     : 2615-8663 (online)
Alamat   : Program Studi Matematika
                   Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Suska Riau
                   Jl. H.R Soebrantas, No. 155, Tampan, Pekanbaru.
Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JSMS
e-mail    :
jsmsfst@uin-suska.ac.id


 Paper-paper Jurnal JSMS Terindex di :