PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TAPUNG HILIR

agus hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir. Rumusan masalahnya adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir? Hipotesis dari penelitian ini adalah : jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tapung Hilir. Penelitian ini dilakukan sebanyak III suklus. Persentase aktivitas guru pada siklus I adalah 66,7% (kategori : baik), pada siklus II adalah 83,3% (kategori : amat baik) dan pada silus III adalah 93,8% (kategori: amat baik). Sedangkan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 51,4% (kategori : cukup), pada siklus II adalah 64,9% (kategori : baik) dan pada siklus III adalah 83,9% (kategori : amat baik). Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian. Rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rerata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 60,1, pada siklus I 69,2, pada siklus II 75,2 dan pada siklus III 84,3. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 tapung Hilir.

 


Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi, Khairu, Iif dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta : Tim Prestasi Pustaka.

Aqip, Zainal dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, S. dkk. 2007. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Depdiknas.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Depdiknas.

Daud, Damanhuri dan Alpusari, Mahmud. 2011. Pendidikan IPA Sekolah dasar. Pekanbaru : UR.

Gimin, dkk. 2009. Model-Model Pembelajaran. Pekanbaru Cendikia insani.

Isjoni. 2010. Cooperatif learning.”efektifitas pembelajaran kelompok”. Bandung : Alfabeta.

Marsyam. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (Nht) Dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Pinrang. Universitas Negeri Makassar. Vol 2 No.2 . tersedia :http://diglib.unm.ac.id/gdl.di akses pada tanggal 17 Januari 2014.

Natuna, Daeng, Ayub. 2006. Belajar Teori Belajar Dalam Pembelajaran. Pekanbaru: UR

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ridwan, dkk. 2011. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, 2006. Penerapan. Tersedia: http : //www. sarjanaku. com/2010/10/ penerapan - metode-inquiri-dalam. html (diakses tanggal 10 februari 2012)

Rusman. 2011.”model-model pembelajaran” mengembangkan profesionalisme guru”. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar . Depdiknas

Syahrilfuddin, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas . Pekanbaru: Cendikia Insani.

Sudjana, N. 2003. Hasil Belajar Matematika. Tersedia : http: //tips-belajar-internet. Blogspot. Com/2009/08/Hasil-Belajar-Matematika. Html.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2007. model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta : indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.