UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE DISKUSI DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan hasil belajar IPS melalui metode diskusi dengan bantuan media gambar pada siswa kelas IX B SMPN 4 Tapung Hilir. Jenis penelitian yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Ada empat tahapan dalam penelitian tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi, sedangkan penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX B SMP N 4 Tapung Hilir dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa dan 14 siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode diskusi dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas IX B di SMPN 4 Tapung Hilir. Terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siklus I, dari 29 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 18 siswa (62,06 %), sedangkan hasil evaluasi siklus II dari 29 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 24 siwa ( 82,75 %).
Keywords
Full Text:
Download PDFReferences
AECT. (1997). Pemggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan. Jakarta : Bumi Aksara.
Anita. (2008).Media Pembelajaran. Jakarta : Sertifikasi Guru Surakarta.
Arikunto. (2007). Manajeman Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik. (1994). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiono. (2016). Peningkatan Hasil Belajar. Bandung : CV Pustaka Setria.
Sunarti. (2008). Strategi Belajar Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka
Setia.
Suwana. (2005). Macam – Macam Media Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Toto. (2000). Memahami dan Menangani Siswa Dengan Problema Dalam Belajar. Jakarta: Depdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.