KONSEP ETIKA KONSUMEN MUSLIM: PERSPEKTIF SYARIAH DAN IMPLEMENTASI DALAM PERILAKU KONSUMSI KONTEMPORER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akramullah, F. K., & Rusanti, E. (2025). Etika Bisnis & Konsumsi Islam Dalam Perkembangan Digital Payment: Sebuah Tinjauan Sistematis. Integrative Perspectives of Social and Science Journal, 2(01 Februari), 29-40.
Anafih, E. S., & Harsono, M. (2023). Online Buying And Selling Business Ethics In An Islamic Perspective: Literature Review. 10(Desember), 183–190.
Authari, A. L., Fikri, M. F., & Aulia, S. (2024). Etika Bisnis dalam Islam: Panduan dari Hadist Tentang Jual Beli. Al-A'mal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 43-48.
Aziz, A., & Mardani, R. S. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Masyarakat Modern (Studi Kasus pada Pedagang Muslim di Pasar Tradisional Kota Makassar). Al-'Amal: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 7(1), 103-120.
Darussalam, A. Z., Tajang, A. D., Sofyan, A. S., & Trimulato, T. (2020). Konsep Etika Bisnis Islami dalam Kitab Sahih Bukhari dan Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 116-128.
Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 127-144.
Jalaluddin, J. (2020). Prinsip konsumsi dalam Islam: Tinjauan terhadap perilaku konsumen Muslim dan non-Muslim. Maro, 3(2), 148-160.
Junaidi, J. (2021). The awareness and attitude of Muslim consumer preference: the role of religiosity. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(6), 919-938.
Khairani, M., Saragih, N. H., Lestari, K., & Lubis, R. N. (2025). Rancangan Dan Langkah-Langkah Penelitian Kualitatif: Design and Steps of Qualitative Research. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 21-27.
Kurniawati, D., Suryani, S., & Saleh, S. (2024). Implementasi Pemasaran Islam Rasulullah Dalam Konteks Kontemporer. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 7(2), 795-801.
Lim, W. M. (2025). What is qualitative research? An overview and guidelines. Australasian Marketing Journal, 33(2), 199-229.
Maulidya, D. (2025). Peran Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Dalam Perspektif Syariah. At-Tajir: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 41-50.
Mulham, M. N. A. (2022). Konsep Etika dalam Konsumsi Menurut Imam Al-Ghazali (Doctoral dissertation, IAIN PAREPARE).
Nabila A’yun, Q. A., Chusma, N. M., Putri, C. N. A., & Latifah, F. N. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli OnlinePada E-commercePopular Di Indonesia. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 1(2), 166–181. https://doi.org/10.30739/jpsda.v1i2.998
Priyatno, P. D., Handayani, T., & Yetty, F. (2025). Buku Ajar Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Deepublish.
Rogaya, N., Imamah, F. N., Azizah, S., Meilani, A., Allya, R. N., Damayanti, P. S., & Saputra, A. A. (2024). Konsep Konsumsi Dalam Islam. TOMAN: Jurnal Topik Manajemen, 1(1), 33-52.
Rusli, M., & Alisyah, M. R. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Di Zaman Digital (Studi Pada Bukalapak. com). Ats-Tsarwah: Jurnal Hukum Ekonomi, 1(1), h. 30-51.
https://e-journal.stishid.ac.id/index.php/ats-tsarwah/article/view/102
Salwa N. & Said M. (2025). Perilaku Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Al-Mizan : Jurnal Ekonomi Syariah
Suryadhani, R. A. (2024). Etika bisnis dalam kajian hukum al-qur’an dan hadist. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(5), 544-554.
Syaifullah, M. I., & Amir, F. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Pedagang Busana Muslim di Kawasan Religi Sunan Ampel Surabaya. Tsaqofah, 3(5), 885– 897. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1541
Usman, A. C., Al-Hendawi, M., & Bulut, S. (2025). Approaches to qualitative research: A narrative literature review. Advances in Medicine, Psychology, and Public Health, 2(2), 81-95.
Yanti, I. F. A., Ulfian, U., Febriani, F., Bayulpa, D. O., Safitra, M., & Tarigan, D. J. (2024). Konsep Etika Bisnis Dan Prilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Journal of Economics and Business, 2(1), 21-33.
Zahroh, N. I., Nasution, L. A., Tazqia, A. D., Faiha, H. A. I., & Nurhayati, D. (2025). Strategi pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Teknik, tantangan dan solusinya. Tarbiyatul Ilmu: Jurnal Kajian Pendidikan, 3(6), 107-118.
Zafran, M. (2022). Framework of Islamic consumer behavior: Exploring the foundation of Islamic consumer behavior and motivation. Journal of Business Administration and Management Sciences (JOBAMS), 4(2), 8-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i2.38647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:

Journal Of Education and Teaching is Published by Faculty of Tarbiyah and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: jete@uin-suska.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






