Analisis Penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar

Clara Azzahra Zulva, Devi Wulan Sari, Della Agustina, Fuji Lestari, Umar Faruq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap pengembangan keterampilan proses sains pada siswa Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah literatur review, yaitu tinjauan kritis terhadap berbagai sumber literatur terkait PjBL dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains mencakup kemampuan berpikir kritis, analitis, kolaboratif, komunikatif, serta kemampuan menyelesaikan masalah secara sistematis. PjBL merupakan pendekatan pembelajaran aktif yang mengajak siswa memecahkan masalah nyata melalui proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi tetapi juga aktif berpartisipasi dalam proses eksplorasi, penelitian, dan pemecahan masalah. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains karena memberikan ruang bagi siswa untuk berlatih berpikir kritis, bekerja sama, dan menyampaikan ide secara sistematis. Hasil dari literatur review menunjukkan bahwa implementasi PjBL di SD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan menyimpulkan temuan. Selain itu, metode ini juga membantu siswa mengembangkan sikap inovatif dan tanggung jawab terhadap pekerjaan kelompok. Namun, tantangan utama dalam penerapan PjBL termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya pelatihan guru, serta kesulitan dalam menyesuaikan standar kurikulum nasional dengan pendekatan proyek. Secara keseluruhan, studi ini menegaskan pentingnya PjBL sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa SD. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam mendesain program pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna bagi perkembangan peserta didik. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi dampak langsung PjBL dalam konteks sekolah dasar Indonesia.

Keywords


Project Based Learning, Direct Instruction, gaya belajar, keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Sipayung, Riana Kristiani, and Dara Fitrah Dwi. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD." ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2.3 (2024): 239-247

Riyadi, Riyadi, et al. "Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 7. No. 4.

Irawan, Rizka Sofia, Mukhtar Haris, and Ermia Hidayanti. "Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Komik Terhadap Keterampilan Proses Sains Kimia Materi Laju Reaksi pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Lembar." Chemistry Education Practice 7.2 (2024): 388-394.

Bariyah, Iip Lutpi Nurul, and Muhamad Kurnia Sugandi. "Project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 4. 2022.

Baho, Aloysius Gonzaga, Desi Maria El Puang, and Frederiksen Novenrius Sini Timba. "Pengaruh Penerapan Model Project Bassed Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Sdk Wairpelit." Journal Nagalalang Primary Education 3.1 (2021).

Rahayu, Rina, and Riva Ismawati. "Efektifitas online project based learning berbasis ethnosains pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains mahasiswa selama pandemi." Jurnal Pendidikan MIPA 12.4 (2022): 1065-1071.

Elisa, Devi, and Novianti Sisilia. "Analisis Pembelajaran Online Project Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa." E-Jurnal Pendidikan Mutiara 6.2 (2021): 24-31.

Restiana, Resna, Yunus Abidin, and Isah Cahyani. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Pembelajaran IPA." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9.1 (2024): 3451-3465.

Sipayung, Riana Kristiani, and Dara Fitrah Dwi. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD." ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2.3 (2024): 239-247.

Maulindah, Laila. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Muatan Ipa Di Kelas V Sdn 182/I Hutan Lindung. Diss. Universitas Jambi, 2024.

CHAERUNNISA, TIARA PUTRI. Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan. Diss. Universitas Negeri Jakarta, 2024.

Muhapilah, Selpi, Abdur Rasyid, and M. Kurnia Sugandi. "Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Kunjungan Industri pada Konsep Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa." Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 3.2 (2024): 36-44.

Halimah Junari dan Andi. 2023. “Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Hardani. Dkk. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.” Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hayah Gusti Maya Viranti Nur. 2008. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah.” Skripsi S1. UIN Sunan Kalijaga.

Jabbar Abdul. 2009. “Peran Budaya Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi di Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sepanjang Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan. Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Karimullah. 2011. “Hadits Sebagai Landasan Pembentukan Tradisi Islam.” Jurnal Alihkam.

Kementrian Agama RI. 2012. “Al-Qur’an dan Terjemah New Cordova.” Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema

Khoiriyah Istiqomatul. 2022. “Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sekolah Islami Di Madrasah Aliyah (MAN) MA’RIF 06 PASIR Sakti Lampung Timur.” Skripsi S1. UIN Raden Intan Lampung.

Koentjaraningrat. 2009. “Pengantar Ilmu Antropologi.” Jakarta: Rineka Cipta.

Komariah Aan dan Tim Dosen Adpen UPI. 2008. “Manajemen Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.

Kriyantono Rahmat. 2006. Riset Komunikasi Jakarta: kencana

Luthan Fred. 1995. “Organizational Behavior.” Singapore: McGraw-Hill.

Mirnawati. 2020. “Strategi Pengembangan Budaya Sekolah Islami Di SMP Islam Al- Syukro.” Skripsi S1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muhaimin. 2009. “Rekonstruksi Pendidikan Islam.” Jakarta: Raja Grafindo.

Muspiroh Novianti. 2018. Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius Siswa Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Grenjeng Kota Cirebon. Novianti Muspiroh Vol. 2 No. 2 ISSN 2549-0877

Nizamuddin. 2020. Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi. Pantera Publishing

Nur Hayah Gusti Maya Viranti. 2008. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah. Skripsi S1 UIN Sunan Kalijaga.

Nurbuko Cholid dan Achmadi Abu. 2007. “Metodologi Penelitian”. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Nurjanah Siti. 2021. Pengaruh Budaya Religius terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas Atas MI Nurul Huda Margorejo. Jurnal pendidikan Vol 6 (2). UIN Sunan Kalijaga.

Pamungkas Muhammad Imam. 2017. Penanaman Nilai-nilai Islam Dalam Kegiatan Sebelum Belajar di SMP PGII 1 Bandung.. Ta’dib Jurnal Pendidikan Islam. Vol 6. No 1. Unisba.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Berbasis Agama.

Rr. Nanik Setyowati dan Pipit Uliana. 2013. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kultur Sekolah pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo”. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. No 1 Vol. 1

Sadiah Dewi. 2015. “Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sahir Syarida Hafni. 2021. Metodelogi Penelitian.. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Salam Azwir. 2023. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Bangsa Berparadigma Islami di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Bangkinang.” Journal on Education. UIN Sultan Syarif Kasim.

Siti Sarah dan Maryono. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaraan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Living Values Peserta Didik SMA Di Kabupaten Wonosobo”. Jurnal Teknologi. Techiscienta. 6 (2)

Subagyo P. Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. 2018. Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol. 2. No. 1.

Suryabrata Sumandi. 2010. Metodologi Penelitian (Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada

Surya Moh. 1995. “Nilai-Nilai Kehidupan.” Kuningan: PGRI PD II Kuningan.

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003). 2011. Jakarta: Sinar Grafika. Cet. Ke IV.

Wahab Abdul. 2008. “Anatomi Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan (Telaah Terhadap Organisasi & Pengelolaan Organisasi Pendidikan).” Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. 2009.”Pendidikan Berbasis Masyarakat” (Cet. Ke-5). Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i1.37914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    


Journal Of Education and Teaching 
is Published by Faculty of Tarbiyah and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: jete@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.