Persepsi Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Mengenai Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Akademik dan Keterampilan Mengajar

Febri Dini Wahyu Damayanti, Puguh Darmawan

Abstract


Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa S1 pendidikan matematika mengenai pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan akademik dan keterampilan mengajar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui survey menggunakan angket dan wawancara terhadap mahasiswa S1 pendidikan matematika semester 5 di Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dapat meningkatkan kemampuan akademik, khususnya dalam memahami konsep matematika. Mahasiswa yang percaya diri cenderung aktif dalam proses pembelajaran, serta mampu menghadapi tantangan akademik secara efektif. Selain itu mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi memiliki keterampilan mengajar yang baik. Melalui latihan terstruktur dan lingkungan yang baik dapat mendukung calon guru matematika yang baik dalam kemampuan akademik maupun keterampilan mengajar.

Kata kunci: percaya diri; kemampuan akademik; keterampilan mengajar

Full Text:

PDF

References


Andayani, B., & Afiatin, T. (1996). Konsep diri, harga diri, dan kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi, 23 (2), 23-30. https://doi.org/10.22146/jpsi.10046

Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. Dalam V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior, Vol. 4. New York: Academic Press. [Online]. Tersedia: https://www.des.emory.edu/mfp/BanE ncy.html

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Creswell, J. W., Creswell, J. D. (2018). Research design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches fifth edition. SAGE Publications Ltd.

Farhani, KA, & Syukriah, D. (2024). Hubungan rasa percaya diri dengan dukungan sosial menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu komunikasi universitas gunadarma depok. Psikologi Kreatif Inovatif, 4 (1), 10-16. https://doi.org/10.37817/psikologikreatifinovatif.v4i1

Gori, Y., Fau, S., & Laia, B. (2023). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas ix di SMP Negeri 2 Toma tahun pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123-133. https://doi.org/10.57094/faguru.v2i1.652

Hakim, T. 2002. Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta: Puspa Swara

Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(1), 52-60. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i1.36152

Laili, R. N., & Nashir, M. (2021). Meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam speaking english melalui kegiatan english bootcamp. Journal of Community Development, 1(2), 57–65. https://doi.org/10.47134/comdev.v1i2.14

Melyana, A, & Pujiastuti, H (2020). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 239-246. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.p11-20

Meutia, T. ., Harefa, J. A. ., Wijayanti, S. ., & Saragi, M. P. D. . (2022). Efektifitas Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Kemampuan Public Speaking Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2215–2219. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5050

Ningsih, WF, & Hayati, IR (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses dan hasil belajar matematika (dampak efikasi diri terhadap proses dan hasil belajar matematika). Jurnal Pendidikan Guru, 1 (2), 26-32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Pinasti, V. I. S. (2008). Efektifitas real microteaching pada program PPLL (microteaching) di program studi pendidikan sosiologi FISE UNY. DIMENSIA, 2(2), 11–19. https://doi.org/10.21831/dimensia.v2i2.3402

Puspitawati, J. R., Faridah, L., & Aini, K. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal hots ditinjau dari kecerdasan logis matematis. INSPIRAMATIKA, 7(1), 16-26. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v7i1.2496

Rahmadani, Dwi Nur and Wahyuni, Anny and Ekawarna, Ekawarna (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Jurnal Randal, 2 (2). pp. 22-33. ISSN 2723-4657

Sartika, S., Hasrianti, H., Rosa, L., & Miftakhurahmi, M. (2022). Peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam mencetak generasi ilahiah di kota makassar. EL-TARBAWI, 15(2), 251-274. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol15.iss2.art5

Siregar, D. Y., Wahyuni, L. D., Bahar, T. & Nst, R. R. (2023). Persepsi mahasiswa bahasa inggris terhadap micro teaching pada mata kuliah magang bagi calon pendidik. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 1(4), 201–210. https://doi.org/10.61132/fonologi.v1i4.188

Sugiharno, R. T., Susanto, W. H. A., & Wospakrik, F. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tugas akhir. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1189-1197. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3760

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Yodha, A. S., Abidin, Z., & Adi, E. P. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan e-learning dalam mata kuliah manajemen sistem informasi mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 181-187. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p181

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh model role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97-102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Walean, C., Pali, C., & Sinolungan, J. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik, 13(2), 132–143. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31765




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i1.34725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.