ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU FISIKA DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KARAKTER (SIKAP DISIPLIN) PESERTA DIDIK DI SMAS MUHAMMADIYAH TEMBILAHAN

resi jumadila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru dalam menerapkan pendidikan karakter (sikap disiplin) peserta didik pada mata pelajaran fisika di SMAS Muhammadiyah Tembilahan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara online dan library research serta pengamatan langsung dari narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepribadian guru dengan sikap disiplin peserta didik. Hal ini secara tidak langsung membuat energi positif peserta didik meniru kepribadian guru yang bersikap disiplin. Dapat disimpulkan bahwa hubungan kepribadian guru yang disiplin dan positif mempengaruhi sikap disiplin peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), 172.

Lase, F. (2016). Kompetensi kepribadian guru profesional. Pelita bangsa pelestari pancasila, 11(1).

Mulyani, F. (2017). Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan UNIGA, 3(1), 1-8.

Rochman, R. Gunawan, H. (2018). Pengembangan Kompetensi kepribadian Guru. Bandung. Penerbit Nuansa Cendikia.

Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter.

Yusof, R. (2014). Consistency Of Personality Profiles With Teaching Career Environment At Specialist Teacher Education Institute Kuala Lumpur. Social and Behavioral Sciences , 141-147




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i2.28405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    


Journal Of Education and Teaching 
is Published by Faculty of Tarbiyah and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: jete@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.