PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PERMAINAN KARTU BERPASANGAN TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMAN 15 PEKANBARU

Helga Febella, Tri Umari, Donal Donal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode permainan kartu berpasangan dalam bimbingan kelompok terhadap perencanaan karier siswa di SMAN 15 Pekanbaru. Didapatkan 8 sampel dari total keseluruhan siswa kelas XI A SMAN 15 Pekanbaru yang menjadi bagian dari populasi penelitian. Pengumpulan data selama penelitian menggunakan kuesioner (angket), yang validitasnya diuji di atas 0,329 dan uji reliabilitas alpha Cronbach sebesar 0,890. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok yang diterapkan melalui metode permainan kartu berpasangan meningkatkan perencanaan karier siswa sebesar 65%.

Keywords


bimbingan kelompok, perencanaan karier, permainan kartu berpasangan

Full Text:

PDF PDF

References


Aswan, A. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Paikem (Edisi Revisi). Yogyakarta:

Aswaja Pressindo

Halawati, F. (2020). Pengaruh penggunaan metode index card match terhadap hasil belajar

siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 1(1), 33-39.

Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.IX G SMP Negeri

Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 4(2), 169-180.

Pratama, A. (2023). PERAN GURU BK DALAM MEMBANTU PERENCANAAN

PENGEMBANGAN KARIER SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI. AlMursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 4(2)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling.

Jakarta: Rhineka Cipta.

Winkel, W.S & Sri Hastuti. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan.

Yogyakarta: Media Abadi.

Wardani, S. Y., & Trisnani, R. P. (2020). Perencanaan Karier Siswa Sma Negeri 1 Nglames

Kabupaten Madiun. Edusaintek, 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v5i1.27491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.