PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH PASCA PANDEMI DI MTSN 36 JAKARTA

Shanaz Yulia

Abstract


Beberapa waktu lalu Indonesia terkena wabah Covid-19 yang menyebabkan adanya perubahan pada sistem pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh secara online. Namun seiring berjalannya waktu, pembelajaran kembali dilaksanakan secara offline di sekolah. Motivasi belajar siswa pada pasca pandemi Covid-19 perlu dibangun kembali agar siswa memiliki semangat dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pambelajaran Fiqih pasca pandemi serta mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih pasca pandemi di MTsN 36 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kendala yang dialami guru fiqih adalah kondisi siswa yang masih terbawa suasana pembelajaran online, siswa masih susah untuk belajar secara disiplin, dan siswa terbiasa menggunakan handphone bukan hanya digunakan untuk belajar tetapi juga membuka sosial media dan bermain game online. Guru Fiqih menjalankan beberapa peranannya dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi yakni guru memberikan motivasi belajar kepada siswa dengan menguraikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, guru juga menciptakan suasana kelas yang menarik dan menyenangkan dan guru juga menciptakan persaingan dan kerja sama antar siswa. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berhasil dalam belajarnya Guru juga memberikan komentar positif kepada siswa agar lebih semangat dalam belajar.


Full Text:

Remote PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i2.24624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.