Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Etika Peserta Didik

Rahmi Wahyuni

Abstract


Guru merupakan sosok peran penting didalam dunia pendidikan, kepribadian seorang guru dapat mempengaruhi pembentukan etika peserta didik karena pada dasarnya peserta didik menjadikan guru  sebagai panutan untuk dirinya. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kompetensi yang bagus, terkhususnya pada kompetensi kepribadian yang harus lebih unggul dibandingkan kompetensi lainnya dengan tujuan agar dapat membentuk karaktek peserta didik menjadi yang berbudi pekerti yang baik serta membentuk etika peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Peserta didik yang baik pasti mencerminkan kepribadian yang baik yang telah didapat dari pengajaran dan bimbingan seorang guru untuk bisa diterapkan didalam kehidupanya


Full Text:

PDF

References


Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Jammaladuin. (2007). Sekolah Efektif dan Guru Efektif. Yogyakarta. Suluh Press

Shene. H.G. 1984. Arti Pendidikan Bagi Masa Depan. Jakarta: Pustekum, Dikbud:

CV RajawaliAl-Hafidz Ibnu Hajar Al-Ashqolani “Kitab Hadits Bulughul Maram Min Adillatil

Ahkam”

Depag RI. „Al Qur‟an dan Terjemahannya” Toha putra. Semarang 1989

Departemen Agama RI., Al Quran dan Terjemahnya, Khadim Al- Haramain Asy-Syarifain, Madinah Munawarah: 1411 H.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v5i2.21112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    


Journal Of Education and Teaching 
is Published by Faculty of Tarbiyah and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: jete@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.