PEMBELAJARAN KITAB AQIDATUL AWWAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V MI MIFTAHUL HUDA SINANGGUL I MLONGGO JEPARA

Wahyu Aditya Rahmawati, Elya Umi Hanik

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran kitab Aqidatul Awwam, proses pembelajaran kitab Aqidatul Awwam dalam pembentukan karakter religius siswa, faktor pendukung dan penghambat. Metode penelitiannya metode kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian 1) pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di kelas V MI Miftahul Huda Sinanggul I Mlonggo Jepara terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan, penguasaan dan menyiapan materi, pembuatan RPP, menentukan media, metode, dan guru yang berkompeten dalam bidang salaf. Dalam pelaksanaan, pembelajaran terdiri pendahuluan, inti, penutup. Dalam evaluasi, dilakukan secara tertulis dan tidak tertulis. 2) proses pembelajaran kitab Aqidatul Awwam terdiri tiga tahapan kegiatan yakni pendahuluan, inti, dan penutup. Terbentuknya karakter religius pada siswa yakni dari metode ceramah dan penyisipan kisah dalam materi kitab, kisah tersebut merupakan kesan positif sehingga siswa terinspirasi untuk berperilaku seperti tokoh/karakter dalam kisah sehingga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat kegiatan keagamaan lain yang dapat membentuk karakter religius pada siswa. Karakter religius yang muncul yakni sikap tolong menolong, bersyukur, sabar, jujur, dapat dipercaya. 3) faktor pendukungnya rasa semangat belajar siswa yang tinggi, kompetensi guru, sarana prasarana, dukungan keluarga. Sedangkan faktor penghambatnya keterlambatan belajar, ketidakmampuan belajar, lingkungan sekitar dan kebiasaan buruk siswa yang mudah ditirukan.


Keywords


Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam ; Pembentukan ; Karakter Religius.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam . Jurnal Al-Ulum, Vol. 13, No 1, 6-7.

Arifprabowo, T., & Musfiqon, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Bahruddin , & Rifa'i, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Religius Santri. Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, 11.

Budiwibowo, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter Generasi Muda Melalui Budaya Kearifan Lokal di Era Global. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, 41.

Haryati, N. (2011). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam . Bandung : Alfabeta.

Helmawati . (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter Dengan Pendidikan Karakter Guna Menyongsong Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Kepolisian, Vlo. 12, No. 2, 69.

Majid , A., & Andayani, D. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Maunah , B. (2009 ). Ilmu Pendidikan . Yogyakarta : Teras.

Musbikin , I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) . Bandung : Penerbit Nusa Media .

Panggabean, S., Widyastuti, A., & Karina, W. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Salim, K., & Sari, M. P. (2014). Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan . Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 01.

Siviana, S., & Alfatah, A. I. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Perspektif Syekh Ahmad Al-Marzuki Dalam Kitab Aqidatul Awam. Jurnal Islam Nusantara, Vol. 05, No 1, 107.

Sukatin , & Al-Faruq, M. S. (2020). Pendidikan Karakter . Yogyakarta : CV Budi Utama.

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. Jurnal Integralistik, Vol. 29, No. 2, 01.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i2.20518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.