ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DI SMPS TRI BHAKTI PEKANBARU

Azzahra Tanjung, Mawaddah Mawaddah

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk melihat bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta penilaian hasil belajar siswa di SMPS TRI BHAKTI PEKANBANBARU. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara. Hasil penelitian yang di dapat adalah pembuatan RPP dibuat oleh guru sendiri yang komponen-komponennya disesuaikan dengan Permendiknas RI Nomor. 41 Tahun 2007. Namun ada beberapa komponen yang tidak peneliti temui dilapangan,salah satunya yaitu pada kegiatan inti peneliti menemukan bahwa pada pertemuan ketiga yang menggunakan metode Discovery learning tidak sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ada di RPP, yaitu tidak di adakannya eksperimen serta alokasi waktu yang tidak sesuai dengan RPP telah dibuat.

Keywords


Pengelolaan,Pembelajaran,Listrik Dinamis

Full Text:

PDF

References


Buchari, Agustini, ‘Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 12.2 (2018), 106

Budiyono, Agus, and Hartini Hartini, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA’, Wacana Didaktika, 4.2 (2016), 141–49

Cintia, Nichen Irma, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni, ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32.1 (2018), 67–75

Erwinsyah, Alfian, ‘Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran’,

Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4.2 (2016), 80–94

Lubis, S. (Syakwan), ‘Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Kelas’, Demokrasi, 10.2 (2011), 242355

Pradnyantika, Luh Dian, I Ketut Sudiana, and Ni Made Wiratini, ‘Pengelolaan Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Negara’, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2.1 (2018), 42

Qomaliyah, Eka Nurul, Sukib Sukib, and I Nyoman Loka, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga’, Jurnal Pijar Mipa, 11.2 (2017), 105–9




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i1.20108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.