PELAKSANAAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PENGENALAN TANAMAN CABE PADA SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH

Indra Munir

Abstract


Kegiatan pengenalan tanaman cabe di sekolah dapat berkembang secara optimal apabila dilakukan dengan strategi, model, dan metode yang menarik. Metodenya yaitu Problem Solving yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa-siswi. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan permasalahan. Siswa-siswi Kelas XII MIA-IIS MAN 2 Kampar dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan dan memecahkan permasalahan serta menemukan solusi dengan melakukan pembelajaran kegiatan menanam tanaman cabe di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Problem Solving dalam pengenalan tanaman cabe pada siswa-siswi Madrasah Aliyah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan. Sampel dalam penelitian ini pada siswa-siswi Kelas XII MIA-IIS yang berjumlah sebanyak 15 orang. Agar dapat menjadikan sebuah penelitian yang realistis, peneliti menggunakan tahap triangulasi sebagai teknik analisis data dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan metode Problem Solving dapat meningkatkan motivasi belajar siswa-siswi dalam mengamati, menemukan, dan memecahkan permasalahan yang timbul dengan diberikan tanggung jawab terhadap tanaman cabe. Tanggungjawab terhadap pengamatan secara kelompok yang dibuktikan dengan catatan perkembangan tanaman yang dipresentasikan di depan kelas. Kegiatan ini dapat memicu pengetahuan siswa-siswi dalam membandingkan perawatan dan memecahkan permasalahan yang timbul dengan menemukan solusi agar tanaman cabe dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Kata Kunci: Metode Problem Solving, Tanaman Cabe, Siswa-siswi Madrasah Aliyah

 

ABSTRACT

The introduction of chili plants in schools can develop optimally if it is carried out with interesting strategies, models, and methods. The method is Problem Solving which is able to increase students' activities and learning outcomes. In addition, it can also improve critical thinking skills and solve problems. Class XII students of MIA-IIS MAN 2 Kampar in improving their knowledge and solving problems and finding solutions by doing learning activities to plant chili plants at school. This study aims to determine how the implementation of the Problem Solving method in the introduction of chili plants to Madrasah Aliyah students. The method used is qualitative research with descriptive analysis used to analyze the activities carried out. The sample in this study was 15 students of Class XII MIA-IIS. In order to make a realistic research, the researcher uses the triangulation stage as a data analysis technique with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of the study found that learning activities using the Problem Solving method could increase students' learning motivation in observing, discovering, and solving problems that arise by being given responsibility for chili plants. Responsibility for group observations as evidenced by plant development notes presented in front of the class. This activity can trigger students' knowledge in comparing treatments and solving problems that arise by finding solutions so that chili plants can grow and develop properly.

 

Keywords: Problem Solving Method, Chili Plants, Madrasah Aliyah Students


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. JGK (Jurnal Guru Kita), 2(3), 106– 115. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/JGK.V2I3.10392

Darmawan Harefa. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Teluk dalam. Prosiding Seminar Nasional SAINS.

Dzaalika Aldeirre, Ratna Komala, E. H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikirkritis Materi Vertebrata Pada Siswa Sma. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 110 – 116. https://doi.org/DOI: 10.25273/florea.v5i2.3451

Evi, T. dan E. I. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 385–395. https://doi.org/DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.314

Helfi Gustia dan Rosdiana. (2019). Kombinasi Media Tanam Dan Penambahan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Cabe. Jurnal Agrosains Dan Teknologi, 4(2). jurnal.umj.ac.id/index.php/ftan/index

Juliasnyah, W. A., Suryani, N., & Agung, L. (2012). TEKNODIKA Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Siswa. In Jurnal.Uns.Ac.Id. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika.%0A%0A

Kustiari, Tanti, U. S., & Siswanto, E. (2020). Transfer Teknologi Pemuliaan Tanaman Cabe (Capsicum annum L) Metode Hibrid Pada SMK Tekung Lumajang Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal : AKSARA, 6(3).

Lukman, K. (2019). Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Kompos Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Cabe Keriting (Capsicum annum L). Jurnal Agrotech, 9(1), 7–11.

Muri, L., Marzuki, & R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Project based learning model. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1–9.

Ritonga, N., Mone, J. L. T., Yunip, M., & Zega, Y. K. (2021). Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah. Jurnal Shanan, 5(1), 29–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i2.19885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.