Pengembangan Media Papan Berpaku untuk Pemahaman Menentukan Keliling dan Luas Bangun Datar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika siswa kelas III SD/MI yang praktis dan efektif, dan Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Papan Berpaku (Geoboard) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD/MI. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random siswa SD/MI yang berada dilingkungan peneliti yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan media Papan Berpaku (Geoboard) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD/MI. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh p value nilai signifikansi (2-tailed) < taraf signifikansi α (0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Papan Berpaku (Geoboard) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SD/MI di lingkungan sekitar peneliti.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Papan Berpaku (Geoboard), Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Lastrijanah, dkk. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87–100.
Upu, H., & Minggi, I. 2019. Pengaruh Metode Diskusi dengan Alat Peraga Papan Berpaku terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal IMED, 3(2),11.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v5i1.18045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.