MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KUALITATIF TERHADAP MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN PARTISIPASI KOMITE MADRASAH)
Abstract
Keberadaan Kepala Madrasah sebagai manajer dan pimpinan lembaga memiliki peran penting untuk memaksimalkan seluruh sumber daya pendidikan termasuk masyarakat melalui wadah Komite Madrasah dalam mendukung kelangsungan dan kelancaran proses pendidikan sehingga dengan demikian dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajerial Kepala MTsN 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajerial Kepada Madrasah di MTsN menggunakan demokrasi partisipastif yang. Fungsi-fungsi manajerial Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan terlihat berjalan dengan baik dengan melibatkan seluruh stakeholder madrasah, mulai dari perencanaan, pengorganisasian hingga pelaksanaan. Hal ini tidak hanya terkait dengan manajerial yang dilakukan Kepala Madrasah karena proses manajerial sudah terlaksana dengan baik meskipun belum maksimal akan tetapi hal ini terjadi karena inovasi guru masih minim karena guru biasanya menggunakan metode pembelajaran yang diterapkan di kelas namun kondisi pandemi menuntut guru untuk menguasai metode pembelajaran baru melalui daring yang mudah diserap oleh siswa sehingga menuntut kesadaran guru sebagai tenaga pendidik untuk senantiasa mengupgrade pengetahuan dalam menguasai berbagai macam metode pembelajaran.
Kata Kunci: Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Mutu Pendidikan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajat Sudrajat,. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume I, Nomor 1
Besse Marhawati,. (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan, Yogyakarta:Deepublish
Depdikbud,. (1993). Pengelolaan Sekolah, Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Direktorat
E. Mulyasa,. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya
Hikmat,. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia
Kompri,. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta:Kencana
Muhamad Khoirul Umam dan Zakaria Firdausi,. (2019). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam, Jurnal Al- Hikmah Volume 7
Murni Yanto, Irwan Fathurrochman,. (2019). Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 7, Nomor 3
Nana Sudjana,. (1998). Metode Statistik. Bandung:Tarsito
Soemarto,. (2002). Faktor-Faktor Lingkungan Stratejik dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta: Studi tentang Faktor-Faktor Lingkungan Perguruan Tinggi Swasta yang Terakreditasi di Jawa Barat, Bandung:Disertasi Doktor pada PPS-UPI
Stephen P. Robbin,. (2006). Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Benyamin Molan. Klaten: PT. Indek Gramedia
Wahyusumidjo,. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.