MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KUALITATIF TERHADAP MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DAN PARTISIPASI KOMITE MADRASAH)

Elfi - Nofitri

Abstract


Keberadaan Kepala Madrasah sebagai manajer dan pimpinan lembaga memiliki peran penting untuk memaksimalkan seluruh sumber daya pendidikan termasuk masyarakat melalui wadah Komite Madrasah dalam mendukung kelangsungan dan kelancaran proses pendidikan sehingga dengan demikian dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajerial Kepala MTsN 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajerial Kepada Madrasah di MTsN  menggunakan demokrasi partisipastif yang. Fungsi-fungsi manajerial Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan terlihat berjalan dengan baik dengan melibatkan seluruh stakeholder madrasah, mulai dari perencanaan, pengorganisasian hingga pelaksanaan. Hal ini tidak hanya terkait dengan manajerial yang dilakukan Kepala Madrasah karena proses manajerial sudah terlaksana dengan baik meskipun belum maksimal akan tetapi hal ini terjadi karena inovasi guru masih minim karena guru biasanya menggunakan metode pembelajaran yang diterapkan di kelas namun kondisi pandemi menuntut guru untuk menguasai metode pembelajaran baru melalui daring yang mudah diserap oleh siswa sehingga menuntut kesadaran guru sebagai tenaga pendidik untuk senantiasa mengupgrade pengetahuan dalam menguasai berbagai macam metode pembelajaran.

 

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Mutu Pendidikan


Keywords


Kata Kunci: Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ajat Sudrajat,. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume I, Nomor 1

Besse Marhawati,. (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan, Yogyakarta:Deepublish

Depdikbud,. (1993). Pengelolaan Sekolah, Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Direktorat

E. Mulyasa,. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Hikmat,. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia

Kompri,. (2017). Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta:Kencana

Muhamad Khoirul Umam dan Zakaria Firdausi,. (2019). Komite Madrasah Dalam Konteks Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam, Jurnal Al- Hikmah Volume 7

Murni Yanto, Irwan Fathurrochman,. (2019). Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 7, Nomor 3

Nana Sudjana,. (1998). Metode Statistik. Bandung:Tarsito

Soemarto,. (2002). Faktor-Faktor Lingkungan Stratejik dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Swasta: Studi tentang Faktor-Faktor Lingkungan Perguruan Tinggi Swasta yang Terakreditasi di Jawa Barat, Bandung:Disertasi Doktor pada PPS-UPI

Stephen P. Robbin,. (2006). Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Benyamin Molan. Klaten: PT. Indek Gramedia

Wahyusumidjo,. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.