SAINS BARAT MODERN

ali wadansyah

Abstract


Kemajuan sains dan tekhnologi telah banyak menjadikan aktifitas manusia menjadi lebih mudah. Seperti kemudahan dalam transportasi, komunikasi, industri, dan keamanan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri pula bahwa banyak dampak negatif yang juga disebabkan oleh sains dan teknologi, diantaranya lingkungan hidup. Problematika yang semula ingin diselesaikan dengan sains dan teknologi ternyata justrukian membuat problem menjadi semakin pelik. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana karakteristik dan implikasi sains Barat modernK erhadap lingkungan hidupdalam tinjauan Teologi. Penelitian ini menggunakan metode abstraksi, holistika, dan lingkaran hermeunetik. karakteristik sains Barat modern bertumpu pada rasionalis, empiris, dan antroposentris. Sehingga berimplikasi buruk terhadap lingkungan, pola interaksi manusia dengan lingkungan menjadi destruktif dan eksploitatif terhadap alam.

Keywords: Sains Barat, Lingkungan Hidup


Full Text:

PDF

References


Alfan, Muhammad, filsafat Modern, Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Abdillah, Mujiono,Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Quran, Jakarta:Paramadina,2001.

Abraham, M. Francis, Modernisasi di Dunia Ketiga; Suatu Teori Umum Pembangunan. Penerjemah M. Rusli Karim,Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991

Alfan, Muhammad, filsafat Modern,Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Anas, Moh. “Kritik Hossein Nasr Atas Problem Sains dan Modernitas”,Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam.h.28.

Anas, Moh., “Kritik Hossein Nasr Atas Problem Sains Dan Modernitas”,dalam jurnal Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Volume 6, No. 1, Juni 2012.

At-Thawil, Taufiq,2013, Agama dan Filsafat,Terjemahan Imam Ahmad Ibnu Nizar, Madiun: Al-Furqon, 2013.

At-Thawil, Taufiq,Agama dan Filsafat(Terjemahan Imam Ahmad Ibnu Nizar), Madiun: Al-furqon, 2013.

Baharudin, M., Dasar-Dasar Filsafat,Bandar Lampung: Harakindo Publishing 2013.

Hamdani, Filsafat Sains,Bandung: Pustaka Setia, 2011

Harahap, Rabiah, “Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup”, dalam Jurnal EduTech, Vol. 1, No.1, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.