UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU DAN PERMAINAN EDUKATIF PADA SISWA SD NEGERI NUSAMANGIR

Resti Arfiana Atikoh Zulfa, Hastin Tri Utami

Abstract


Mata pelajaran bahasa Inggris seringkali menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa karena Abstract : Bahasa Inggris bukanlah bahasa asli mereka. Bahasa inggris terkesan sulit dan tidak asyik bagi siswa karena tata bahasanya yang memiliki banyak rumus, ditambah cara penyampaian materinya yang kurang interaktif sehingga membuat mereka tidak tertarik dan mengantuk. Hal tersebut dibuktikan dari pengamatan guru SD Negeri Nusamangir terhadap siswa-siswanya saat kelas bahasa Inggris sedang berlangsung. Saking tidak tertarik dengan mata pelajarannya, mereka hanya bermain dengan teman lainnya saat guru sedang mengajar. Dari pengalaman tersebut, guru bahasa Inggris SD Negeri Nusamangir mencari ide agar siswa tertarik dengan mata pelajaran tersebut. Belajar bahasa Inggris membutuhkan praktik agar siswa lebih mudah memahami apa yang diajarkan. Oleh karena itu, guru Bahasa Inggris SD Negeri Nusamangir melakukan uji coba penerapan lagu dan permainan edukatif dalam menjelaskan materinya dengan harapan siswa menjadi aktif dalam belajar dan mudah untuk memahami materi. Setelah dilakukan uji coba pembelajaran dengan menggunakan lagu dan permainan, ternyata diperoleh peningkatan yang cukup baik dari tingkat kepahaman siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu dan permainan dapat mejadi upaya dalam meningkatkan pemahaman materi bahasa Inggris siswa kelas 6 SD Nusamangir


Keywords


Bahasa Inggris; Lagu; Motivasi Belajar; Permainan edukatif; Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Rahmat, Hery., Jannatin, Miftahul,.2018. Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Vol. 10, No. 2, p. 98-111.

Ida Vera Sophya

Sevix, Mustafa. 2011. Teachers Views about Using Sing in Teaching English to Young Learners. Educational Researchand Review, Vol. 6, No. 21, p. 1027-1035.

Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. 2002. The Primary English Teachr’s Guide. England: Penguin English.

Al Irsyadi, F Y., Annas, R., Kurniawan, Y I. 2019. Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar, Vol. 9, No 2, p 2088-2270.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.