PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMITMEN KERJA GURU TERHADAP PROFESIONALITAS GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA PEKANBARU

Mardhiyah Mardhiyah

Abstract


Pengaruh supervisi Kepala Madrasah dan komitmen kerja guru terhadap profesionalitas guru pada MTsN 1 Kota Pekanbaru dilakukan melalui uji korelasi ganda dan uji regresi linier berganda. Melalui uji korelasi ganda terdapat pengaruh yang signifikan antara supervisi Kepala Madrasah dengan profesionalitas guru, hal ini diperoleh nilai sig. untuk supervisi Kepala Madrasah sebesar 0.000. Hasil ini jika dibandingkan dengan nilai probabilitas 0.05, maka ia lebih kecil (0.000 < 0.05). Selain uji korelasi ganda juga dilakukan uji regresi linier berganda hasil analisis signifikan dengan nilai F sebesar 11.066 dengan signifikansi 0.000. Nilai taraf signifikansi 0.00 tersebut adalah lebih rendah dari pada 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa supervisi Kepala Madrasah dan komitmen kerja guru secara bersama berpengaruh terhadap profesional guru di MTsN 1 Kota Pekanbaru, dengan taraf siginifikansi 0.00. maka Kepala Madrasah perlu terus melakukan Pengembangan supervisi dan program-program peningkatan komitmen kerja guru di MTsN 1 Kota Pekanbaru agar profesional guru tetap terus terjaga.

 

Kata Kunci: Guru Profesional, Uji Korelasi Ganda, Uji Regresi Linier                                  Berganda


Full Text:

PDF

References


Aan Hasanah. Pengembangan Profesi Guru. (Bandung:Pustaka Setia, 2012).

Ahmad Sabandi. Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan, Pedagogi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume XIII No.2 November 2013.

Binti Maunah, Supervisi Pendidikan Islam (Teori dan Praktik), (Yogyakarta:Teras, 2009).

Dedi Supriyadi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. (Yogyakarta:Adicita Karya Nusa,1999).

Hadari Nawawi. Administrasi Pendidikan. (Jakarta:Gunung Agung,1981).

Jhon Helmi, M.P. Kompetensi Profresional Guru, Jurnal Pendidikan. Al-Ishlah, Vol 7 No. 2 Tahun 2015.

Jonathan Sarwono. Statistik Itu Mudah, Belajar Lengkap Untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. (Yogyakarta:ANDI Offset, 2009).

Moh Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. (Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2005).

Nihayatus Sholikhah. “Persepsi Guru Tentang Komitmen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengaruh Terhadap Upaya Peningkatan Mutu Kompetensi Pedagogik Guru MTs Daruss’adah Bulus Kecamatan Patehan Kabupaten Kendal” Jurnal JMP. Volume 2 Nomor 2, April 2013

Oteng Sutrisna, Supervisi Dan Administrasi Pendidikan, (Jakarta:Jemmars, 1979).

Piet A. Sahertian dan Ida Aleida Sahertian. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Program Inservice Education. Cet 2. (Jakarta:Rineka Cipta, 1992). S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Suharsimi Arikunto. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. (Jakarta:Rineka Cipta, 1993).

Syafruddin Nurdin dan M. Basyiruddin Usman. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. (Jakarta:Ciputat Press, 2002.

Syaukani. Titik Temu Dalam Dunia Pendidikan. (Jakarta:PRAJA, 2002).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.13881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.